visitaaponce.com

Perintah Kapolri soal Arus Mudik Lebaran 2023 Walau Padat, Jangan Sampai Stuck

Perintah Kapolri soal Arus Mudik Lebaran 2023: Walau Padat, Jangan Sampai Stuck
Foto udara antrean sejumlah kendaraan pemudik melewati Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023)(ANTARA FOTO/Aditya Pradana )

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo prediksi puncak arus mudik Lebaran 2023 akan terjadi pada Rabu (19/4) dan Kamis (20/4) besok.

Oleh karena itu, Sigit pun menginstruksikan kepada anggotanya supaya memaksimalkan skema rekayasa lalu lintas yang sudah diterapkan. Hal tersebut perlu dilakukan supaya tidak terjadi kemacetan.

"Mudah-mudahan ini semua bisa kita kelola dengan baik walaupun padat namun jangan sampai ada lalu lintas yang stuck yang tentunya ini akan berdampak pada masalah kemacetan," kata Listyo saat meninjau Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (19/4).

Baca juga: Kapolri Evaluasi Penerapan One Way untuk Urai Kemacetan

Sampai saat ini, Sigit mengatakan bahwa pihaknya masih menerapkan rekayasa lalu lintas dengan sistem one way di Tol Cipali sampai Tol Kalikangkung hingga tengah malam untuk mengurai kepadatan kendaraan.

"Dengan jumlah arus yang besar itu harusnya ini akan menimbulkan dampak kemacetan yang luar biasa," tutur Sigit.

Baca juga: Polri Akui Ada Kepadatan di Arteri Imbas Perpanjangan One Way

Lebih lanjut, Sigit pun mengimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan kondisi kesehatannya saat melakukan mudik Lebaran. Ia juga menyarankan supaya pengemudi tidak mengendarai kendaraan lebih dari empat jam.

"Sehingga tentunya apabila dipaksakan akan terjadi potensi laka lantas jadi di titik-titik tersebut," tutur Sigit.

"Tentunya di rest area kita selalu ingatkan agar jangan dipaksakan dan bisa beraktivitas sebentar di rest area ataupun keluar exit sehingga kondisi pengemudi tetap dalam keadaan optimal," sambungnya.

Sebelumnya, Sigit meninjau Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat guna mengetahui kesiapannya dalam melayani masyarakat yang hendak melakukan perjalanan Mudik Lebaran 2023.

Ikut dalam kunjungan tersebut, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto, Kepala Korps Lalu Lintas, Irjen Firman Shantyabudi dan Pangdam Jaya Mayjen TNI, Mohammad Hasan.

Sigit mengatakan terdapat peningkatan jumlah penumpang dari situasi normal. Hari ini, Stasiun Pasar Senen telah mengangkut 19.900 penumpang.

"Secara umum terjadi peningkatan dari normal ke biasanya tadi dilaporkan kurang lebih ada 19.900 penumpang yang diangkut, hampir sama dengan yang kemarin juga jumlahnya hampir 20.000," kata Sigit, (19/4). (Ndf/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat