visitaaponce.com

Oleh-Oleh Khas Malang yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Malang yang Wajib Anda Bawa Pulang
Pekerja menimbang keripik tempe yang biasa dijual sebagai oleh-oleh khas Malang, Jawa Timur.(ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

KOTA Malang memang surganya kuliner legendaris dan populer. Sudah jauh-jauh datang ke Kota Malang tidak lengkap jika Anda tidak membeli oleh-oleh khas untuk keluarga tersayang di rumah. 

Terlebih lagi, Malang memiliki banyak sekali pilihan oleh-oleh menarik yang bisa Anda beli, baik itu makanan maupun barang.

Baca juga: Polbangtan Malang Gandeng Paskomnas Dukung Petani Milenial Buka Akses Pasar

Buah-buahan segar seperti apel biasanya menjadi salah satu jenis barang paling sering yang dibeli para wisatawan. Padahal, selain apel, masih banyak oleh-oleh khas Malang lain yang bisa Anda beli dan bawa pulang

Berikut beberapa oleh-oleh khas Malang:

1. Madu Klanceng

ANTARA/Syaiful Arif

Minuman herbal seperti madu sudah sangat terkenal memiliki banyak khasiat luar biasa untuk kesehatan, salah satu yang terbaik adalah madu klanceng. Madu khas Malang ini berasal dari lebah kerdil atau lebah trigona yang memiliki ukuran kecil dan sangat jarang ditemukan.

Rasa yang dimiliki madu klanceng juga berbeda dengan madu biasa dengan rasanya sedikit manis, pahit, dan asam dengan warna gelap kental. 

Baca juga: Polres Malang Perkuat Patroli untuk Cegah Kejahatan saat Ramadan

Kandungan nutrisi dan gizi yang lebih lengkap membuat madu ini memiliki khasiat luar biasa seperti mampu mengobati kanker dan lainnya.

Dengan berbagai khasiat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya, wajar bila harga madu klanceng lebih mahal dibanding madu lainnya. 

Untuk botol ukuran 500 ml, madu klanceng biasa dibanderol sekitar Rp130.000 hingga Rp180.000,00 per botol. 

Madu klanceng atau madu kelulut ini bisa Anda dapatkan di sejumlah toko madu yang ada di Malang dan sekitarnya.

2. Keripik Kentang Malang

Tokopedia

Kentang adalah salah satu bahan makanan yang enak untuk diolah jadi apa saja. Salah satunya, ada keripik kentang khas Malang yang punya keunikan tersendiri.

Dari tampilan luarnya, keripik kentang Malang tidak berwarna kuning seperti keripik pada umumnya. Keripik ini berwarna putih dan teksturnya lebih padat. Biasanya, keripik ini dilengkapi dengan bumbu yang gurih.

3. Keripik Sari Tempe

MI/Bagus Suryo

Keripik sari tempe adalah makanan olahan yang berasal dari tempe dan diolah dengan berbagai macam bumbu rempah. Rasanya yang gurih dan renyah serta masa kedaluwarsa yang cukup lama, membuat keripik ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Malang. 

Anda bisa membeli keripik ini di toko-toko buah tangan Malang dengan harga di kisaran Rp 15.000.

4. Apel Malang

ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Apel sudah menjadi primadona Kota Malang. Bahkan kota di Jawa Timur ini sering disebut sebagai Kota Apel saking banyaknya perkebunan apel. 

Perkebunan ini juga menjadi salah satu tempat wisata Malang yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan saat musim liburan tiba.

Di tempat tersebut, Anda bisa memetik langsung dan menikmati segarnya rasa apel Malang serta beberapa jenis apel lainnya. 

Harga apel yang dijual di kawasan agrowisata ini biasanya lebih murah bila dibandingkan di tempat lainnya.

Namun, bila Anda tidak sempat mengunjungi perkebunan apel, Anda masih bisa membelinya di toko-toko buah atau di pinggir jalan. 

Biasanya apel Malang di kebunnya dijual dengan harga Rp12.000 per kilo namun harga normalnya sekitar Rp33.000.

5. Keripik Apel

Bukalapak

Malang memang terkenal dengan buah apelnya. Dulu, masyarakat Malang mengolah apel menjadi keripik hanya karena agar bisa disimpan lebih lama. Tapi lambat laun, keripik ini berubah menjadi komoditas hingga menjadi camilan yang wajib untuk dijadikan buah tangan khas Malang.

6. Pia Cap Mangkok 

piamangkok.com

Pia Cap Mangkok atau yang lebih familiar disebut Pia Mangkok adalah jajanan tradisional khas Malang yang udah ada sejak 1959 lho. 

Varian rasa dari jajanan khas Malang yang satu ini pun juga bermacam-macam, termasuk rasa cokelat, keju, durian, kopi, dan tangkwee atau manisan labu putih. 

7. Malang Strudel

Dok Medcom

Selanjutnya ada Malang Strudel. Oleh-oleh khas Malang berupa pastry buah yang manis dan kekinian ini dipelopori oleh aktor Teuku Wisnu. 

Ada beberapa varian rasa dari Malang Strudel yang bisa kamu coba. Rasanya yang renyah di luar dan lembut di dalam membuat banyak orang suka

8. Keripik Ceker

klatenkab.go.id

Selain terkenal dengan keripik apel, singkong, dan tempe, orang-orang juga mengenal Malang dengan keripik ceker yang terasa renyah dan gurih di lidah. 

Mineral yang terkandung pada keripik ceker seperti kolagen, asam amino, dan kalsium, memberikan sejumlah kebaikan untuk tubuh. 

Oleh-oleh khas Malang satu ini dikemas dalam ukuran kecil hingga besar sehingga pas untuk dijadikan buah tangan dari Malang untuk kerabat.

9. Carang Mas

cookpad.com

Beberapa dari kamu mungkin mengenalnya sebagai kremes ubi. Bola-bola ubi renyah ini memiliki rasa manis dan ukuran yang umumnya pas di mulut. 

Untuk yang satu ini, kamu harus ekstra hati-hati saat membawanya karena mudah hancur.

10. Lapis Malang

lapismalang.com

Selain Malang Strudel, kue kekinian yang juga bisa Anda coba adalah kue lapis Malang yang muncul pada 2017. Lapis Malang terbuat dari kue spons yang terdiri dari beberapa lapis tergantung rasa dan variannya.

Salah satu rasa favorit dari lapis Malang ini adalah rasa original yang memiliki toping meises dan filling chocolate buttercream. Selain itu masih ada rasa lain seperti pandan, keju, choco holic, choco peanut, dan lapis bakar yang tidak kalah nikmat.

Outlet lapis Malang bisa Anda temukan di Jl Kawi Atas Malang atau di Jl Soekarno Hatta Kavling 5 Malang. 

Harga kue ini juga masih sangat terjangkau karena hanya dibanderol sekitar Rp25.000,00 per kotak dan berbeda tergantung rasanya.

11. Bakso Beku

Lazada

Siapa yang tidak kenal bakso Malang? Bakso ini terkenal akan kekenyalan dan kenikmatannya, apalagi jika diberi kuah dengan bumbu masakan dan saos sambal. 

Selagi di Malang, mampirlah mencicipi sekaligus membawa pulang Bakso Malang beku di Bakso President yang berlokasi di Jalan Batanghari.

Toppers bisa membeli bakso beku yang tahan sampai hitungan bulan jika disimpan di dalam lemari es beserta bumbunya sebagai oleh-oleh asli Kota Malang.

12. Puthu Lanang

malangkota.go.id

Panganan tradisional khas Malang legendaris yang juga bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh adalah kue Putu Lanang Celaket. Warung penjual putu lanang ini sudah ada sejak 1935 dan terkenal dengan cita rasa kue putunya yang nikmat.

Selain menjual kue putu, warung putu lanang Celaket ini juga menjual jajanan pasar lain seperti klepon, lupis, cenil, dan lainnya. Uniknya lagi Anda bisa memesan menu campur semua panganan manis tersebut dalam satu bungkus.

Jika Anda ingin mencoba nikmatnya putu lanang ini bisa datang pukul 17.45 WIB ke Jl. Jaksa Agung Suprapto, Klojen. Harganya pun sangat murah untuk isi 10 buah kue putu Anda hanya perlu membayar Rp10.000 saja. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat