visitaaponce.com

Memahami Sifat-sifat Magnet

Memahami Sifat-sifat Magnet
Ilustrasi magnet(Freepik.com)

MAGNET adalah material bahan yang memiliki sifat khusus berupa gaya tarik maupun gaya tolak terhadap bahan dengan material khusus lainnya. 

Pada magnet juga, terdapat sifat magnet, yaitu kemampuan suatu benda untuk menarik benda lain di sekitarnya. Maka, berikut adalah penjelasan mengenai sifat magnet.

Sifat-Sifat Magnet

Dilansir dari laman Gramedia, berikut adalah 5 sifat-sifat magnet. 

1. Menarik Benda yang Mengandung Sifat Magnetis

Magnet menarik benda tertentu dengan sifat khusus di sekitarnya. Artinya, magnet tidak dapat menarik semua benda material di sekitarnya, hanya yang memiliki sifat tertentu yang berkaitan dengan magnet. Bahan atau material yang dapat menarik magnet termasuk jenis logam, meskipun tidak semua jenis logam dapat ditarik magnet dengan sempurna.

Baca juga : Ini Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Hal ini tergantung pada jenisnya karena bahan khusus ini memiliki kekuatan daya tarik magnet yang berbeda. Ada bahan yang dapat menarik satu sama lain dengan kuat, tetapi ada juga bahan yang dapat menarik magnet dengan sangat lemah. Ini juga dapat dikaitkan dengan medan magnet, yang juga merupakan salah satu sifat magnet.  

2. Magnet Memiliki dua Kutub

Magnet pasti memiliki dua kutub, yakni kutub positif dan negatif yang letaknya ada bagian di ujung magnet. Pada bagian itulah kekuatan magnet yang bisa menjalankan fungsinya untuk menarik material bahan khusus. Kutub positif dan negatif juga bisa kita sebut dengan kutub utara dan selatan magnet,

Baca juga : Rumus Kecepatan, Jarak, dan Waktu dalam Fisika

Perlu diketahui, untuk kutub magnet yang sama apabila berhadapan, akan saling menolak. Sebaliknya, apabila kutub magnet berlawanan, maka akan ada saling tarik-menarik. 

3. Magnet Dapat Menembus Penghalang

Magnet memiliki daya tarik yang dapat menembus material penghalang, bahkan pada kelas tertentu. Misalnya, hambatan yang relevan adalah jika suatu logam diblokir oleh kaca atau kertas, logam tersebut masih dapat ditarik oleh magnet. Kelas penghalang yang bisa dilewati magnet tidak boleh terlalu tebal. 

4. Magnet Memiliki Medan Magnet

Karena magnet menciptakan gaya tarik dan tolak, mereka juga memiliki medan magnet untuk menciptakan gaya magnet. Gaya magnet bertambah atau berkurang tergantung pada kerapatan medan magnet.

Medan magnet adalah ruang yang terbentuk di sekitar magnet yang memiliki daya tarik magnet lain selain bahan magnet itu sendiri.

(Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat