visitaaponce.com

Ide Topik Pembicaraan agar Obrolan Menarik

Ide Topik Pembicaraan agar Obrolan Menarik
Ilustrasi - Bingung mau mulai pembicaraan? Apalagi dengan orang yang baru pertama kali kenal. Coba beberapa ide topik pembicaraan ini.(Medcom)

MEMIKIRKAN ide topik untuk  berbicara adalah hal yang penting saat membuka sebuah percakapan. Selain itu bisa menghilangkan rasa canggung saat berjumpa orang baru.

Kondisi kecangunggan sosial ini disebut sebagai orang dengan topikal social awkward. Nah, untuk menghindari hal itu terjadi berikut ini beberapa topik pembicaraan yang menarik untuk dijadikan bahan obrolan. 

Tanya Kabar

Baca juga: Simak, Ini Inspirasi Isi Seserahan Pernikahan untuk Wanita

Salah satu cara memulai percakapan adalah menanyakan kabar terkini dari lawan bicaramu. Jika kalian merupakan teman yang lama tidak bertemu, topik ini bisa menjadi pemantik dialog yang menarik untuk diulas. Misalnya Anda tak sengaja bertemu teman, sapa dan tanyakan kabarnya, apa saja kegiatan yang dia lakukan. Jika Anda ingin mengajak berbicara orang asing saat sedang menunggu antrean dokter, tanyakan berapa lama dia sudah menunggu.

Contoh lain,ketika Anda sedang bepergian menggunakan kereta, Anda  bisa menanyakan destinasi tujuan orang tersebut.

Baca juga: Ini Tips Memulihkan Stamina Usai Libur Lebaran

Film dan acara Televisi

Salah satu jenis topik pembicaraan menarik yang bisa meluluhkan suasana yang canggung yaitu menanyakan film. Anda bisa mencoba menanyakan tentang jenis film terbaru, film favorit, atau penilaian tentang sebuah film. Anda juga bisa menanyakan tentang acara televisi. Seperti film dan acara TV apa yang kamu suka? atau Apakah Kamu menyukai akhir Game of Thrones?, Aku tidak yakin dengan akhirnya, bagaimana menurut kamu?.

Hobi dan Minat

Topik pembicaraan selanjutnya yang bisa dijadikan untuk mencairkan suasana salah satunya yaitu dengan menggunakan pakaian sebagai topik.  Tanyakan terkait selera dari pakaian yang dimilikinya. Topik pembicaraan terkait dengan pakaian merupakan salah satu topik yang cukup asyik terutama jika yang menjadi lawan bicara merupakan seorang perempuan yang paham terkait dengan fashion.

Musik

Anda bisa mengajukan pertanyaan tentang preferensi musik. Apabila lawan bicaramu memiliki era yang sama maka, bisa banget untuk bernostalgia bersama. Anda bisa bertanya seperti; Musik apa yang kamu suka dengar?, Siapa band favaoritmu?, Sejak kapan suka sama lagu itu? dan, Siapa artis favoritmu dan kenapa?. Jika dirinya mulai membahas tentang lagu kesukaannya bisa juga tuh Anda tanyakan kembali, Apa yang membuat Kamu jadi suka dengan musik itu?. Pertanyaan pasti akan keluar dengan sendirinya, apalagi kalau lawan bicaramu suka dengan dunia musik, pasti seru deh.

Makanan dan Minuman

Selain musik, makanan juga bisa menjadi jurus untuk memulai percakapan. Contohnya, jenis makanan apa yang Kamu sukai? atau rekomendasi tempat makan yang enak. 

Membahas topik di Sosial media

Saat ini, hampir tidak mungkin bagi seseorang untuk tidak memiliki akun media sosial. Salah satu cara untuk memulai pertemanan adalah dengan saling mengikuti di dunia maya. Lewat media sosial, Anda bisa mencari topik pembicaraan yang menarik karena media sosial memungkinkan dua teman baru untuk tetap saling update. Meskipun Anda tidak sering hang out. 

Jika lingkaran sosial Anda tumpang tindih, bicarakan tentang teman-teman. Cobalah untuk menemukan kesamaan Anda dengan orang-orang yang ingin diajak berbicara. Jika memang ada kesamaan, Anda selalu dapat membagikan konten yang menurut Anda menarik.

Pengalaman Masa Lalu yang Menyenangkan

Anda perlu mengetahui kehidupan pasangan agar hubungan terasa lebih erat dan mendalam, termasuk masa lalunya. Anda bisa memulai topik pembicaraan ini dengan saling bertukar cerita masa lalu. Hal ini bertujuan untuk mengenal pasanganmu secara lebih dekat. Pengalaman masa lalu tidak berbeda jauh dengan topik pengalaman buruk atau lucu. Topik yang dibicarakan bisa jadi tentang tempat favorit yang pernah dikunjungi, trauma, hal-hal unik yang terjadi, dan lain sebagainya.

Menceritakan pengalaman masa lalu dapat membuat pasangan lebih mengenal satu sama lain, terlebih jika kalian dan pasanganmu baru bertemu pada umur yang sudah dewasa, sehingga tidak ada salahnya menceritakan pengalaman masa kecil di sela-sela bertemu, seperti di dalam mobil, ketika berboncengan di motor, dan lain sebagainya.

Buku

Buku menjadi topik pembicaraan yang memang sudah umum dilakukan. Namun, siapa sangka topik ini masih sering dibicarakan. Topik ini sangat cocok untuk di bahas apalagi lawan bicaramu suka membaca buku, percakapan kalian pasti lancar jaya.

Nantinya Anda bisa memulai pertanyaan seperti, Buku apa yang terakhir kamu baca?, Apa buku favoritmu saat masih kecil?, Kamu lebih suka baca buku atau e-book?, Genre apa yang paling kamu suka dari buku yang pernah kamu baca?, atau Buku apa yang paling berkesan buat kamu?.

Itu dia topik-topik yang dapat kamu praktekan bersama dengan lawan bicaramu, semoga bermanfaat. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat