visitaaponce.com

Pelaksanaan UTBK-SNBT Hari Pertama Unand Berjalan Lancar

Pelaksanaan UTBK-SNBT Hari Pertama Unand Berjalan Lancar
Pelaksanaan UTBK SNBT 2023 di Pusat UTBK Universitas Andalas, Padang, Sumbar.(Ist/Unand)

PELAKSANAAN Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 di Pusat UTBK Universitas Andalas (Unand), Padang, Sumatra Barat (Sumbar), berjalan dengan lancar dan tertib.

Hal itu disampaikan Wakil Rektor I Prof. Mansyurdin pada Senin (8/5) di Ruang Kerjanya Gedung Rektorat Limau Manis.

Ia mengatakan sebanyak 10.483 peserta memilih melakukan ujian di pusat UTBK-SNBTUniversitas Andalas.“Dari jumlah itu, Universitas Andalas hanya melakukan UTBK SNBT satu gelombang yakni dari tanggal 8 – 12 Mei 2023,” ujarnya.

Baca juga: Pakar Teknik Industri Khawatirkan Nasib Buruh di Era Transformasi Digital

Dikatakan Prof. Mansyur, Unand menyediakan jumlah PC laik sebanyak 1.255 unit dan ditambah dengan 125 cadangan serta jaringan kerja sama dengan Telkom.

Materi UTBK SNBK Berbeda dari Tahun Sebelumnya 

Lebih lanjut, Prof. Mansyur mengungkapkan materi UTBK SNBT juga berbeda dengan tahun sebelumnya, khususnya Tes Potensi Skolastik kemudian penalaran matematika, literasi bahasa indonesia, dan literasi bahasa inggris.

“Peserta juga diizinkan memilih Program Studi (Prodi) apa saja diPerguruan Tinggi Negeri (PTN), yang dinamakan dengan Merdeka Bertanggung Jawab,” sambungnya.

Baca juga: Menteri Sakti Wahyu Trenggono Luncurkan Pusat Riset Stem Cell dan Biobank Unand

Dilanjutkannya, peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali, calon peserta yang mengikuti SNBT 2023 merupakan siswa lulusan tahun 2021, 2022 dan 2023, di mana hasil UTBKnya hanya berlaku untuk mendaftar SNBT 2023.

“Terkait pengumuman hasil UTBK dijadwalkan pada 20 Juni 2023 mendatang, serta masa unduh sertifikat UTBK pada 26 Juni sampai 31 Juli,” ujar Prof.Mansyur.

Sementara itu, Direktur Pendidikan dan Pembelajaran Unand Dr. dr. Nur Afrianin Syah menyediakan 19 lokasi ujian yang tersebar di Kampus Limau Manis.

Baca juga: Belajar dari Gempa Turki, Masalah Teknis dan Sosial Seputar Konstruksi Bangunan

Disebutkannya, Labkom DTI/LPTIK, Labkom Gedung 3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, LabkomDIII Fakultas Ekonomi, Labkom sekola Pascasarjana, Labkom Fakultas Pertanian, LabkomFISIP, Labkom Matematika Fakultas MIPA, Labkom Fakultas Kedokteran, Labkom UPT Bahasa, Labkom Fakultas Teknologi Informasi.

Kemudian, Labkom Fakultas Teknik Unand Jurusan Mesin, Labkom Fakultas Teknik Unand Jurusan elektro, Labkom Fakultas Farmasi, Labkom Fakultas Ilmu Budaya, Labkom Fakultas Kesehatan Masyarakat, Labkom Perpustakaan Pusat, Labkom Fakultas Peternakan, Labkom Fakultas Hukum, dan Labkom Fakultas Keperawatan.

Baca juga: Unand Gelar Konferensi Internasional Pertanian Berkelanjutan dan Biosistem

“Setiap harinya ada sekitar 1.255 peserta yang mengikuti ujian ini hingga Kamis (11/5) dengan dua sesi (pagi dan sore), sedangkan untuk Jumat (12/5) hanya ada satu sesi (pagi) dengan jumlah peserta sebanyak 499 orang,” ungkapnya.

Ditambahkan dr. Nur di jalur SNBT ini Universitas Andalas menyediakan kuota atau daya tampung 35 persen dari total penerimaan mahasiswa baru yakni sebanyak 2.910 orang.

Informasi resmi tentang penerimaan mahasiswa baru Universitas Andalas dapat mengunjungi laman http://pmb.unand.ac.id atau juga menghubungi akun resmi media sosial Instagram, Facebook, dan Twitter @unandofficial. (Ro/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat