visitaaponce.com

Unand Gelar Konfrensi Internasional Pertanian Berkelanjutan dan Biosistem

Unand Gelar Konfrensi Internasional Pertanian Berkelanjutan dan Biosistem
ICSAB 2022 bertema 'Pertanian Berkelanjutan dan Biosistem untuk Kehidupan Lebih Baik Pascapandemi', Kamis (24/11).(HO)

PERTANIAN dan pangan menjadi sektor yang tidak luput terimbas pandemi Covid-19. Padahal selama 6 tahun terakhir, sebagaimana dirilis oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, sektor pertanian selalu menunjukkan resiliensi dalam masa krisis dan berperan sebagai penyangga perekonomian.

Upaya meningkatkan peran sektor pertanian, pengembangan sistem pangan yang berkelanjutan menjadi sebuah syarat utama. Pengembangan pertanian berkelanjutan dengan peningkatan skala usaha melalui integrasi hulu-hilir serta pelibatan teknologi dalam lingkup korporasi menjadi prasyarat dalam peningkatan daya saing komoditas pertanian, baik untuk pemenuhan dalam negeri maupun orientasi ekspor.

Menyadari krusialnya pertanian berkelanjutan berbasis biosistem sebagai elemen ketahanan pangan baik nasional maupun global, Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Universitas Andalas (Unand), Sumatera Barat menaja konferensi internasional tentang Pertanian Berkelanjutan dan Biosistem atau International Conference on Sustainable Agriculture and Biosystem (ICSAB) 2022,  bertema 'Pertanian Berkelanjutan dan Biosistem untuk Kehidupan Lebih Baik Pascapandemi', Kamis (24/11) yang berlangsung secara daring.

ICSAB 2022 menghadirkan 5 orang pembicara kunci (keynote speakers) dan 174 makalah yang masuk. Kelima pembicara kunci tersebut adalah  Prof. Hiroki Oue, The Dean of United Graduate School of Agricultural Science, Ehime University, Jepang; Assoc. Prof. Ts. Dr Shamsiah Abdullah Faculty of Plantation and Agrotechnology, UiTM Malaysia; Patpent Penjumras, PhD, Maejo University, Thailand; Dr. Wida Susanty Haji Suhaili, University Teknologi Brunei, Brunei Darussalam; Suha Gaafar B. Elsoragaby, Ph.D, University of Khartoum, Sudan; dan Dr. Renny Eka Putri, Faculty of Agricultural Technology Andalas University, Indonesia.

"ICSAB 2022 merupakan konferensi kelima yang diadakan oleh Fakultas Teknologi Pertanian Andalas. ISCAB kali ini berkolaborasi dengan Fakultas Perkebunan dan Agroteknologi, University Teknologi MARA Malaysia, dan didukung Universitas Ehime Jepang, Universitas Maejo Thailand, Universitas of Khartoum Sudan, dan Universiti Technologi Brunei, Brunei Darussalam," ungkap Ketua panitia ICSAB 2022, Khandra Fahmy.

Meskipun konferensi ini dilaksanakan secara virtual, sambungnya, namun tetap memberikan semangat kepada para peneliti untuk berpartisipasi. Melalui konferensi ini, Fateta Unand memfasilitasi platform ilmiah untuk diskusi dan transfer informasi penelitian saat ini, inovasi teknologi baru, dan aplikasi praktis dalam disiplin ilmu berkaitan dengan pertanian berkelanjutan. "Makalah lengkap terpilih yang dipresentasikan selama konferensi sedang dipersiapkan untuk diterbitkan dalam IOP Proceeding," tambahnya Khandra.

Sedangkan Rektor Unand, Yuliandri menyatakan Fateta Unand secara konsisten memberikan kontribusi tidak hanya dalam memberikan layanan pendidikan yang luar biasa, tetapi juga dalam mengusulkan inovasi teknologi. berkaitan dengan praktik pertanian. Yuliandri mengatakan konferensi ini merupakan platform yang bagus untuk memfasilitasi kolaborasi intensif dan transfer ilmu pengetahuan. 

"Meskipun tahun ini masih diadakan secara virtual, namun saya berharap, konferensi ini memberi kita kesempatan besar untuk bertukar ilmu pengetahuan, serta membangun jaringan menjadi komunitas yang kuat dari persekutuan intelektual dan professional,” sebutnya. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat