visitaaponce.com

Status Kedaruratan Covid-19 Dicabut, Menkes Fokus Benahi Sistem Kesehatan

Status Kedaruratan Covid-19 Dicabut, Menkes Fokus Benahi Sistem Kesehatan
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin(ANTARA/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra)

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan fokus pemerintah di sektor kesehatan. Hal itu merespons pencabutan status kedaruratan covid-19 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Pemerintah memfokuskan kembali sistem kesehatan dan peningkatan kapasitas produksi industri farmasi dan alat kesehatan," kata Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (16/5).

Budi mengatakan hal itu bertujuan memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan sehingga masyarakat semakin mudah mengakses dan menjangkaunya.

Baca juga: Kemenkes Genjot Vaksinasi Booster Kedua

Mantan Wakil Menteri BUMN itu napak tilas saat awal pandemi covid-19. Sektor farmasi dan alat kesehatan Indonesia masih bergantung signifikan pada impor.

"Sebanyak 90% bahan baku obat masih diimpor, 88% transaksi alat kesehatan di e-katalog merupakan produk impor," papar Budi.

Budi menyebut kondisi lainnya, yakni pendanaan penelitian yang masih rendah. Hal itu memengaruhi pengembangan di bidang kesehatan Indonesia.

Baca juga: Kemenkes Ingatkan Masyarakat tidak Euforia Berlebihan Setelah Kedaruratan Covid-19 Dicabut

"Pandemi covid-19 memberikan pembelajaran sangat penting dalam sektor kesehatan di Indonesia dan menjadi tonggak Kemenkes melakukan transformasi," pungkas dia. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat