visitaaponce.com

Pemenuhan Nutrisi Bantu Tingkatkan Kecerdasan Anak

Pemenuhan Nutrisi Bantu Tingkatkan Kecerdasan Anak
Ilustrasi makanan anak penuh nutrisi.(DOK IST)

ORANG tua punya peran penting terhadap tumbuh kembang dan kecerdasan anak. Berdasarkan penelitian National Institute of Health, diketahui bahwa 50% kecerdasan berasal dari genetika. Sedangkan 50% lain berasal dari faktor lain, termasuk lingkungan anak, seperti sekolah.

Karena itu, orang tua harus mampu menstimulasi perkembangan sel otak anak agar tumbuh menjadi anak yang cerdas. Stimulasi tersebut bisa berasal dari lingkungan sekitar seperti musik, mainan hingga interaksi bersama orang dewasa atau teman sebaya.

Sel otak yang menerima rangsangan akan membentuk sinapsis atau koneksi dengan sel otak lainnya. Sehingga membentuk jaringan saraf yang kompleks dan memperkuat fungsi otak pada anak.

Baca juga: Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi

Kurangnya stimulasi juga bisa berakibat terhadap keterlambatan dalam perkembangan otak yang dapat memengaruhi kemampuan anak dalam berbicara, berpikir, belajar, dan berinteraksi dengan orang lain.

Tak hanya melakukan aktivitas untuk melatih otak, makanan yang dikonsumsi anak-anak juga harus tepat seperti sayuran hingga buah-buahan. Nutrisi seperti omega-3 dan protein juga tak kalah penting. Termasuk suplemen tambahan seperti Phytolite yang mampu meningkatkan daya konsentrasi dan fungsi koordinasi otak.

"Manfaat lainnya meningkatkan peredaran darah ke otak dan aktivitas oksigen hingga membantu menangani stres, serta membantu metabolisme dan pembentukan energi," kata CNI yang merupakan produsen Phytolite.

Baca juga: Manfaat Ubi Jalar dan Kandungan Nutrisinya

Menjaga asupan gizi anak juga tetap harus diperhatikan. Penelitian yang dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga menyebut asupan zat gizi yang terpenuhi secara optimal berpengaruh pada kecerdasan anak.

Orang tua pun harus paham memberikan menu makanan sehat juga sama pentingnya dengan menerapkan pola makan sehat. Anak sedini mungkin harus diajarkan makan sayuran agar menjadi kebiasaan baik sejak kecil. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat