visitaaponce.com

Pertamina Hulu Energi Raih Penghargaan Tertinggi di Ajang ISIF

Pertamina Hulu Energi Raih Penghargaan Tertinggi di Ajang ISIF
Tim PT Pertamina Hulu Energi yang meraih sejumlah penghargaan pada ajang inovasi di Istanbul, Turki.(Ist)

PT Pertamina Hulu Energi (PHE), selaku Subholding Upstream Pertamina, memboyong penghargaan internasional bergengsi pada ajang 8th Istanbul International Inventions Fair (ISIF) yang digelar di International Istanbul Ataturk Airport, Turki.

ISIF merupakan bagian dari Teknofest yaitu festival kedirgantaraan dan teknologi terbesar di Turki. ISIF'23 bertajuk 'Time to Commercialization' merupakan ajang kompetisi inovasi dan invensi yang diselenggarakan oleh Turkish Patent and Trademark Office (Turkpatent) di bawah Kementerian Perindustrian dan Teknologi Turki bekerja sama dengan International Federation of Inventors' Association (IFIA) serta didukung oleh World Intellectual Property Organization (WIPO).

ISIF'23 diikuti lebih dari 20 negara antara lain Indonesia, Rusia, Qatar, Tiongkok, Kroasia, Kanada, Azerbaijan, Bosnia Harzegovina, Maroko Irak, Iran, Jerman, Belgia, Libanon, Portugal, Rumania, dan lain-lain, yang terdiri atas perusahaan, inventor, peneliti, konsultan, asosiasi, dan universitas dari seluruh dunia dengan total karya mencapai 424 invensi.

PHE berhasil mendapatkan gelar Grand Prix-The Best Invention Award, yang merupakan penghargaan tertinggi pada ajang ISIF serta medali emas yang diraih oleh Project Collaboration Improvement (PC Prove) Top Musang King (Regional 5-PT Pertamina Internasional EP) dengan inovasinya yang berjudul Batch Technique Workover for Acceleration of Gas Production in Deepwater Well.

Selain itu, medali emas juga berhasil diraih oleh Functional Team Improvement (FT Prove) Bento (Kantor Pusat Subholding Upstream) dengan inovasinya yang berjudul Bento (Block Evaluation, Scoring, Benchmarking, and Recommendation).


Baca juga: Institut Teknologi Kalimantan Jalin Kerja Sama dengan Kampus Tiongkok


Adapun medali perak diraih FT Prove Semongko (Regional 2-PT Pertamina EP) dengan inovasinya yang berjudul Tariksis Method to Increasing Hydrocarbon Resources Potential of 119 Million Barrel Oil Equivalent beserta Special Award dari Moscow international Salon of inventions and innovation technologies 'Archimedes', Rusia, dan FT Prove Thickening Team (PT Elnusa Tbk) dengan Innovation of Cement Slurry Merah Putih on Hydraulic Workover Unit-Drilling Project for Shallow Gas beserta CIA Award-Invention & Innovation dan Special Awards, China Association of Inventions (CIA).

"Pemerintah Turki akan terus mendukung kegiatan ISIF, dan  keikutsertaan Indonesia merupakan hal penting yang mencerminkan dukungan Indonesia terhadap kegiatan inovasi dan teknologi," tegas Cemil Baspinar dari Turkpatent selaku penyelenggara ISIF.

Senada dengan hal tersebut, Direktur Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Bisnis PHE, Oto Gurnita, mengungkapkan bahwa pencapaian membanggakan dari pekerja subholding upstream sebagai bukti bahwa hasil karya inovasi anak bangsa setara dengan inovasi berkelas dunia dan juga sebagai bukti bahwa subholding upstream secara konsisten melakukan upaya-upaya inovatif dan perbaikan berkelanjutan di seluruh
aspek bisnis perusahaan.

"PHE juga terus berkomitmen menjaga praktik bisnis sesuai dalam jalur tren investasi berkelanjutan (environmental, social, and  governance/ESG). PHE telah terdaftar dalam United Nations Global Compact (UNGC) sebagai partisipan/member sejak Juni 2022," ujar Oto dalam keterangannya, Senin (22/5).

Ia menambahkan, PHE berkomitmen pada Sepuluh Prinsip Universal (Ten Principles) dari UNGC dalam strategi dan operasionalnya, sebagai bagian penerapan aspek ESG. PHE akan terus mengembangkan pengelolaan operasi di dalam dan luar negeri secara profesional untuk mewujudkan pencapaian menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang environmentally friendly, socially responsible, dan good governance. (RO/I-2)

 



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat