visitaaponce.com

Ketua Umum APTISI Keluhkan Sulit Bertemu Nadiem Makarim

Ketua Umum APTISI Keluhkan Sulit Bertemu Nadiem Makarim
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim.(ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

KETUA Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Budi Djatmiko turut mengeluhkan betapa sulitnya bertemu dan berdiskusi dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim.

“Saya sependapat bahwa Mas Nadiem memang sulit sekali untuk ditemui, beberapa kali dengan APTISI bisa meeting. Tetapi ya sebentar, terus kalau diundang, undangan acara, pasti menggunakan video. Tidak pernah langsung tatap muka,” ungkap Budi kepada Media Indonesia, Minggu (28/5).

Begitu banyaknya persoalan pendidikan yang ada di Indonesia, kata Budi, semestinya Menteri Nadiem memiliki inisiatif untuk menemui para stakeholder untuk berdiskusi.

Baca juga: Perguruan Tinggi Swasta Bodong Harus Ditindak Tegas

Dia juga menuturkan ratusan guru yang berdemo pada November 2022 lalu juga menjadi penanda keluhan dan kritikan terhadap Menteri Nadiem memuncak.

Demonstrasi Para Guru Dipicu Mampatnya Komunikasi

“Demo kemarin itu memang akibat dari mampatnya komunikasi. Itu penyebabnya. Tentang lembaga akreditasi mandiri, tentang kinerja kelembagaan, uji kompetensi, tentang undang-undang. Orang internal Kemendikbud-Ristek sendiri juga susah,” kata Budi.

Baca juga: Nadiem Gaungkan MBKM dengan Industri dan Kampus di Inggris

“Artinya memang ini sudah attitude beliau memang begitu. Saya juga tidak mengerti, mungkin karena sesuatu yang baru buat Nadiem untuk bicara tentang pendidikan," katanya.

"Karena beliau juga orang bisnis, tidak memiliki record di sana. Saya bisa memahami kalau saya disuruh ngomong banyak di masjid, karena saya tidak punya latar belakang sebagai seorang santri atau latar belakang pendidikan agama pasti agak bingung kalau tidak ada record begitu,” tambah Budi.

Baca juga; Mendikbud-Ristek Rancang Marketplace untuk Perekrutan PPPK Guru

Budi berharap di satu tahun terakhir masa jabatannya, Menteri Nadiem dapat mengubah cara kepemimpinannya dan lebih banyak menemui asosiasi dan stakeholder untuk membicarakan masalah pendidikan.

“Asosiasi itu setiap hari yang diadukan, mendapatkan laporan dari berbagai masalah. Betul-betul ini tahun yang selama 36 tahun saya di pendidikan tinggi sebagai praktisi dan pengurus, baru kali ini Menteri agak sulit untuk mendengarkan, berkeluh kesah, mencari jalan keluar. Mudah-mudahan di akhir masa jabatan beliau ada perubahan agar menjadi baik pendidikan kita,” tuturnya. (Dis/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat