visitaaponce.com

Tingkatkan Penguasaan Bahasa Inggris dengan Bangun Komunitas

Tingkatkan Penguasaan Bahasa Inggris dengan Bangun Komunitas
Media gathering Wall Street English Indonesia di Jakarta, Selasa (30/5).(Ist)

SEJAK berdiri 16 tahun silam, Wall Street English (WSE) tidak ingin menjadi sekadar lembaga kursus, melainkan komunitas gaya hidup berbasis bahasa Inggris.

"Melalui beragam komunitas yang kami kembangkan, terbukti kemampuan berbahasa Inggris anggota naik tingkat," kata CEO WSE Indonesia, Kish Gill, dalam media gathering di Jakarta, Selasa (30/5).

Hadir dalam kesempatan itu, Puteri Indonesia 2023 Farhana Nariswari Wisandana, kreator konten Kemal Palevi, dan National Experience General Manager WSE Indonesia Diana Iskandar.

Menurut Kish, peran komunitas menjadi sangat penting karena lingkungan yang suportif dan memiliki minat dan semangat yang sama, akan mendorong orang-orang untuk melakukan upaya secara optimal, termasuk belajar bahasa Inggris.

Ia menambahkan, komunitas yang diciptakan WSE, antara lain LEAP untuk peserta yang mengutamakan pertumbuhan akademik dan karier serta The Syndicate untuk mereka yang ingin memperluas jaringan bisnis dan mengembangkan hubungan profesional.

Selain itu, ada pula komunitas CRE-8 untuk mereka yang memiliki minat dalam seni, kreativitas, dan inovasi, serta Re-Charge untuk mereka yang menekuni gaya hidup sehat.

"Kami membuat empat komunitas, karena menyadari bahwa setiap individu memiliki kebutuhan dan minat yang berbeda-beda," ujar Kish.

Melalui empat komunitas itu, WSE Indonesia menyelenggarakan berbagai kegiatan yang mendorong partisipasi aktif dari para anggotanya, seperti meet up, workshop, dan showcase.

"Meet up memungkinkan para anggota saling berdiskusi dan bertukar ide tentang studi kasus yang diberikan. Serta memberi kesempatan kepada anggota untuk langsung menerapkan apa yang mereka pelajari dalam meet up," imbuhnya.

Adapun dalam showcase, anggota berkesempatan untuk bertemu dengan para ahli yang berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka.


Baca juga: Sosialisasikan Program WHG, Mahasiswa UKI Berkesempatan Bekerja di Jerman


Dengan menyediakan komunitas, WSE Indonedia saat ini berhasil mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris lebih dari 55 ribu anggotanya.

"Populasi anggota atau member WSE Indonesia terus naik dari tahun ke tahun," ujarnya.

Sejak 2018, member Wall Street English meningkat hingga lebih dari 40%, bahkan saat berbagai tantangan global mengadang, seperti pandemi covid-19.

"Kenaikan member WSE Indonesia tidak terlepas dari dukungan dan loyalitas dari para member dan keluarga besar WSE," ucap Kish.

Penyedia edukasi Bahasa Inggris berbasis lifestyle itu akan membuka cabang ke-9 di Summarecon Bekasi pada Juni 2023 mendatang.

Sebelumnya, WSE Indonesia telah ada di beberapa kota besar seperti Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Surabaya.

Diana Iskandar menambahkan, pihaknya juga meluncurkan kampanye dengan hashtag NaikLevel!. Kampanye itu meningkatkan kesadaran anak muda tentang pentingnya penguasaan bahasa Inggris untuk menunjang karier di masa depan.

Metode pembelajaran yang ditawarkan WSE Indonesia berupa flipped classroom dan blended learning, yang menggabungkan pertemuan tatap muka di kelas dengan penggunaan teknologi.

Dengan pendekatan itu, proses pembelajaran Bahasa Inggris dapat dipersonalisasi sesuai perkembangan masing-masing member. WSE tak hanya fokus pada sisi akademis, tetapi juga gaya hidup lewat berbagai kegiatan menarik yang mendorong member berinteraksi aktif dalam bahasa Inggris.

Kehadiran Puteri Indonesia 2023 di kantor WSE Indonesia, dijelaskan  Gill, merupakan bagian dari kerja sama yang dikembangkan bersama Yayasan Puteri Indonesia dalam 5 tahun terakhir.

"WSE Indonesia setiap tahun membantu tiga pemenang Puteri Indonesia meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, agar mampu bersaing di kompetisi internasional," tandas Kish. (RO/I-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat