visitaaponce.com

WHO Perkirakan 80 Juta Orang Gunakan Kursi Roda di Seluruh Dunia

WHO Perkirakan 80 Juta Orang Gunakan Kursi Roda di Seluruh Dunia
Ilustrasi pengguna kursi roda(Freepik)

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) mengestimasikan sekitar 80 juta orang di seluruh dunia, menggunakan kursi roda. Artinya, jumlah ini mewakili 1% populasi manusia di seluruh Dunia. 

WHO juga ikut merinci, bahwa dari angka tersebut, pengguna kursi roda terbanyak berasal dari kelompok usia 65 tahun ke atas. Namun, beberapa kelompok juga rentan menjadi pengguna kursi roda, seperti korban kecelakaan, korban kekerasan, dan juga penyakit yang tak terlaporkan. 

Oleh karena itu, WHO mendorong setiap negara untuk mampu memberikan akses bagi para pengguna kursi roda. Terutama, bagi negara berpendapatan rendah dan menengah. Sebab, kelompok negara tersebut mencatatkan persentase terendah dalam aspek andil kursi roda bagi penggunanya. 

Baca juga: Jemaah Lansia Bisa Sewa Skuter dan Kursi Roda di Masjidil Haram

“Investasi di kursi roda merupakan investasi yang bisa mendorong masa depan yang lebih baik. Dan keputusan ini berada di tangan kita, untuk memastikan setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengejar mimpinya,” ungkap Asisten Direktur Jenderal WHO Hanan Balkhy, dikutip dari laman WHO, Selasa (6/6).

Hanan menambahkan bahwa kursi roda yang sesuai standar, dapat mendorong optimalisasi kesehatan fisik maupun mental. Sebab, bagi pengguna kursi roda, penggunaannya menjadi sangat krusial dan merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Baca juga: Bisa Ditangkap, Jemaah Haji Diimbau Hindari Jasa Kursi Roda Ilegal

Dalam panduannya, WHO menyebut bahwa kursi roda yang pantas adalah, kursi roda yang dapat menyesuaikan kebutuhan dan juga kondisi lingkungan penggunanya, menghadirkan ukuran yang sesuai dan dapat mendukung fungsi postural tubuh, aman dan tahan lama, dapat diakses dengan mudah, dan memiliki harga yang terjangkau.

Penggunaan kursi roda yang tidak pantas atau tidak sesuai, dapat menurunkan kondisi kesehatan dan mobilitas. Selain itu, penggunaannya bahkan dapat meningkatkan resiko komplikasi, cedera pada sumsum tulang belakang yang dapat berakhir pada kematian. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat