visitaaponce.com

UNJ Beri Pelatihan Penanganan Bencana Kebakaran

UNJ Beri Pelatihan Penanganan Bencana Kebakaran
Seorang siswi SMP Muttaqien, Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan, berlatih memadamkan api menggunakan karung goni basah.(DOK UNJ)

SEBAGAI upaya mewujudkan masyarakat tangguh bencana, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melalui Program Pengabdian Masyarakat melakukan  dan pelatihan penanganan kebakaran. Kegiatan berlangsung di SMP Muttaqien, Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (12/6).

Dalam kegiatan ini, Tim Dosen UNJ yang diketuai Cahyadi Setiawan memberikan sosialisasi dan pelatihan bagaimana penanganan awal sebuah kebakaran. Dalam pelatihan, siswa dan pengajar SMP Muttaqien diberikan pengetahuan bagaimana memadamkan api menggunakan kain atau karung goni basan dan alat pemadan api ringan (APAR).

Menurut Cahyadi kebakaran bisa dikatakan bencana yang sangat berbahaya dan merugikan. Jika terlambat untuk bertindak, bencana kebakaran bisa menimbulkkan korban jiwa.

"Pelatihan ini berkaitan dengan pemberian informasi serta cara menanggulangi bencana kebakaran ketika dalam tahap awal yang berkaitan dengan langkah pencegahan bencana kebakaran agar tidak semakin membesar. Melalui sekolah, diharapkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana kebakaran mengalami peningkatan mengingat sekolah merupakan agen perubahan ilmu pengetahuan, karakter, skill dan penguasaan teknologi," ungkap Cahyadi.

Kepala Sekolah SMP Muttaqien, Jumiyati menyambut gembira pelatihan penanganan awal bencana kebakaran yang diberikan para dosen UNJ tentang. Menurutnya, pelatihan ini sangat bermanfaat untuk mencegah bencana kebakaran.  

"Bencana tidak dapat kita prediksi kapan terjadi. Karena itu, sebagai salah satu langkah penanggulangan bencana terutama kebakaran, pelatihan ini sangat bermanfaat sekali bagi kami," ungkap Jumiyati.

Hal senada diungkapkan Wakil Kepala SMP Muttaqien, Rukayah. Ia berharap UNJ mau mengadakan kembali kegiatan pelatihan penanganan bencana di masa mendatang.

"Pelatihan ini sangat bermanfaat sekali karena menambah wawasan kita semua termasuk, murid sehingga kita menjadi lebih tanggap bencana terutama kebakaran," tambah staf tata Usaha SMP Muttaqien, Husen. (RO/R-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat