visitaaponce.com

Tim Komisi VIII DPR Tinjau Kesiapan Penanggulangan Kebencanaan di Yogyakarta

KOMISI VIII DPR RI bersama Kemensos melakukan Kunjungan Kerja Spesifik ke Sleman, Provinsi D.I. Yogyakarta terkait Pengawasan Penyaluran Bantuan Sosial PKH, Program Sembako, dan Bantuan Penanggulangan Bencana.

Yogyakarta merupakan salah satu wilayah Indonesia yang rawan bencana karena dekat dengan gunung merapi yang masih aktif.

"Untuk itu kami ingin mengetahui penanggulangan bencananya. Hal tersebut akan dijadikan bahan Komisi VIII DPR RI dalam merumuskan kebijakan terkait bidang sosial dan penanggulangan bencana," ujar Anggota VIII DPR RI My Esti Wijayati.

Baca juga: 2.657 Kejadian Bencana Terjadi di Indonesia

Pernyataan My Esti disampaikan saat memimpin kunjungan kerja spesifik di kantor Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) D.I. Yogyakarta, Senin (11/9). 

Pada kesempatan ini juga pihaknya ingin melihat kesiapan di bidang kebencanaan yang dilakukan oleh BNPB terkait mencabut status siaga tiga gunung merapi. Supaya masyarakat bisa beraktivitas dan melakukan kegiatan perekonomian di sekitar merapi, juga mengatasi bencana kekeringan dan bencana yang sering terjadi di Yogyakarta.

Baca juga: Komisi VIII DPR Terima Usulan Penambahan Anggaran BNPB Sebesar Rp1 Trilliun

My Esti bersama rombongan tim secara simbolis menyerahkan bantuan paket bansos, senilai Rp 548.142.729.842. dengan rincian; Program keluarga harapan senilai Rp 413.229.228.242, Program atensi Rp294.687.600, Program sembako Rp130.858.600.000, Penanggulangan bencana alam Rp1.354.914.000, dan Keserasian sosial sebanyak 2 paket Rp 2.335.300.000.

Baca juga: Rentan Gempa dan Tsunami, ASN Sumbar Dibekali Mitigasi Bencana

Anggota Komisi VIII DPR RI juga meninjau proses penyaluran bantuan mobil dapur umum dan peralatan penanggulangan bencana dari BPNB kepada kepada pemerintah daerah Sleman.

"Dalam acara ini kita bisa melihat masyarakat di pemudah dalam pencairan bantuan sosial, bisa melalui ATM dan Kantor pos namun Esti mengingatkan jangan sampe bantuan tersebut di gunakan untuk hal yang tidak berguna juga kalo jumlahnya lumayan besar harus ada pendampingan kepada masyarakat untuk dijadikan modal usaha," harap My Esti.

Dalam acara tersebut Esti berdialog dengan salah satu penerima bantuan menuturkan keseharian sebagai ibu rumah tangga menjadi tercukupi dengan adanya bantuan sembako ini.

"Suami saya bekerja sebagai kuli bangunan. Alhamdulillah dengan adanya bantuan ini sangat bermanfaat untuk keseharian dan tambahan. Seneng banget. Saya belanjakan kebutuhan pokok seperti beras, telur dan sayur," ucap ibu penerima bantuan. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat