visitaaponce.com

6 Manfaat Telur Kampung Mentah Campur Madu

6 Manfaat Telur Kampung Mentah Campur Madu
Campuran telur ayam kampung mentah dengan madu dipercaya memberikan dampak positif bagi kesehatan. Simak manfaatnya berikut.(Antara)

PERNAH mendengar manfaat telur kampung campur madu? Campuran dua bahan ini banyak dibilang dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Tidak heran banyak orang yang mengonsumsinya untuk berbagai jenis tujuan.

Baik telur ayam kampung dan madu sudah sama-sama terbukti berkhasiat untuk kesehatan, tak terkecuali organ reproduksi pria maupun perempuan. Akan tetapi, ada sejumlah faktor lain yang diperlukan agar manfaat yang Sahabat Sehat rasakan tidak setengah-setengah.

Menurut dokter ahli kandungan dan kehamilan dr Beeleonie BMedSc SpOG (K), manfaat telur kampung dicampur madu harus didampingi asupan menyehatkan lainnya seperti sayur dan buah. Studi pun menyebutkan ada tiga jenis nutrisi lain yang dibutuhkan agar tingkat kesuburan bertambah. Antara lain antioksidan, asam lemak omega-3, dan asam folat.

Baca juga: Pos Indonesia Tuntaskan Penyaluran Bantuan Pengentasan Stunting di Jawa Tengah

Seperti yang diketahui, antioksidan merupakan kandungan nutrisi penting akan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Dengan demikian, peluang pria membuahi pasangan juga lebih besar. Lantas asam lemak omega-3 punya peran penting dalam melindungi sel telur supaya cepat matang dan lebih siap dibuahi sperma.

Sementara asam folat memiliki dampak positif terhadap organ reproduksi pria maupun wanita, terutama fungsi ovarium untuk meningkatkan probabilitas kehamilan. Sehingga saat dipadukan dengan manfaat telur kampung dicampur madu akan menghasilkan khasiat terbaik bagi pasangan suami-istri yang sedang menjalankan program kehamilan.

Baca juga: Bantu Warga, GGN Jatim Sediakan 500 Paket Telur dalam Bazar Murah di Ponorogo

Selain berdampak positif terhadap kesuburan pria dan perempuan, campuran telur ayam kampung dan madu memberikan manfaat lain. Berikut manfaatnya:

1. Sumber Energi dan Stamina

Telur merupakan sumber protein hewani yang dapat dimanfaatkan untuk membangun stamina dan menjadi sumber energi. Hal itu karena kalori dan protein adalah molekul penting yang dibutuhkan oleh tubuh dan akan dipecah melalui sistem pencernaan manusia.

Untuk setiap butirnya, telur mengandung 6 gram protein atau sekitar 11% dari kebutuhan harian rata-rata orang dewasa. Sementara jika dikonsumsi dengan madu maka dapat meningkatkan manfaatnya. Karena madu juga punya kandungan yang dapat memulihkan energi, meningkatkan stamina dan mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskuler.

2. Meningkatkan Kesuburan Orang Dewasa

Manfaat telur kampung campur madu lainnya yaitu dapat meningkatkan kesuburan orang dewasa. Keduanya dapat meningkatkan kadar hormon testosteron, terlebih telur merupakan sumber protein, omega-3, vitamin D dan kolesterol yang berperan dalam produksi testosteron. Sementara pada madu memiliki kandungan boron, yakni jenis mineral yang dapat meningkatkan testosteron.

Konsumsi empat sendok madu dengan telur kampung setiap hari bisa meningkatkan kadar oksida nitrat tubuh hingga 50%. Selain berkaitan dengan tingkat kesuburan, perpaduan keduanya juga dapat membantu pembentukan otot.

3. Membantu Pembentukan Massa Otot

Kandungan protein pada telur ayam kampung yang tinggi sangatlah baik untuk membangun massa otot. Dengan massa otot yang meningkat, kekuatan otot juga akan semakin bertambah. Rahasianya adalah asam amino yang terkandung dalam protein telur kampung.

Asam amino akan terserap ke dalam otot, dan akan membantu memperbaiki kerusakan pada otot yang terjadi saat beraktivitas sehari-hari. Oleh karenanya, telur kampung sangat baik untuk pembentukan massa otot.

4. Meningkatkan Imunitas atau Kekebalan Tubuh

Telur dari ayam kampung yang dicampur madu sangat diyakini dapat meningkatkan imunitas tubuh. Seperti kita ketahui bahwa madu mengandung fitonutrien yang dapat memperkuat sel-sel imun dalam tubuh.

Begitu juga dengan telur ayam kampung, kandungan B6 dan B12 di dalamnya berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik, maka Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Selain itu, madu juga memiliki kandungan asam amino, vitamin C, fenolat, gula, flavonoid, zinc dan zat besi yang dapat meredakan penyakit seperti flu dan batuk.

Rasa manis dari madu bisa mendorong produksi air liur yang akan membantu mengatasi tenggorokan kering. Dengan demikian, tenggorokan tidak terlalu terasa gatal. Ditambah lagi, madu mengandung antioksidan yang dapat mengatasi peradangan.

5. Mencegah Terjadinya Kekurangan Darah

Mengatasi anemia atau kekurangan darah merupakan manfaat mengonsumsi madu campur telur. Biasanya telur ayam kampung dikonsumsi mentah karena memiliki kandungan seperti vitamin B12. Setiap butir telur mengandung 0,2 milligram riboflavin yang berperan untuk memecah protein, karbohidrat dan lemak.

Jika dimakan bersama madu, dipercaya dapat menjaga kesehatan saraf dan sel-sel darah merah agar kinerjanya tetap baik. Bagian kuning telurnya juga kaya kandungan folat yang bermanfaat untuk mencegah anemia, khususnya pada ibu hamil. Sementara untuk kandungan kolin pada telur dapat membantu menjaga memori.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi telur ayam kampung dapat meningkatkan kadar High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik dalam tubuh. Kolesterol baik ini akan menurunkan kadar kolesterol jahat yang menjadi penyebab penyakit jantung. Ditambah lagi, kandungan kolin dalam telur juga dapat membantu memecah zat amino acid homocysteine yang dapat memicu gangguan jantung.

Sedangkan pada madu, terkandung fitonutrien yang dapat memperlancar aliran darah. Dengan aliran darah yang baik, jantung dapat bekerja dengan baik dan jadi lebih sehat. (z-3

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat