visitaaponce.com

STIK akan Jadi Universitas Kepolisian Indonesia

STIK akan Jadi Universitas Kepolisian Indonesia
Lambang STIK(Dok STIK)

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan bahwa Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) akan berubah menjadi Universitas Kepolisian Indonesia.

Hal tersebut terungkap dalam sambutan Sigit di Upacara Wisuda Program Pendidikan Ilmu Kepolisian di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta Selatan pada Rabu (21/6).

Sigit mengatakan bahwa perubahan itu setelah pihaknya mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Baca juga : Polisi Tipu Tukang Bubur di Cirebon, Kapolri: Pecat dan Pidanakan

"Saya juga mengucapkan terima kasih juga kepada Kalemdiklat dan ketua STIK beserta guru besar dan dosen dalam kurun waktu beberapa lama ini telah mendapatkan surat rekomendasi dari Kemendikbud untuk membentuk atau mengembangkan STIK menjadi Universitas Kepolisian Indonesia," kata Sigit (21/6).

Sigit menegaskan pada Universitas Kepolisian Indonesia terdapat program studi (Prodi) yang dapat dimasuki oleh masyarakat umum.

Baca juga : Mahasiswa S1 STIK-PTIK Angkatan 79 Beri Solusi Atasi Kebocoran Data Pribadi

"Masyarakat umum juga dapat mengikuti program tersebut sehingga ke depan harapan saya Universitas Kepolisian Indonesia ini menjadi universitas unggulan di masa depan," sebut Sigit.

Lebih lanjut, Sigit juga menyinggung soal makna wisuda dengan menggeser toga dari kiri ke kanan kepada para peserta upacara wisuda STIK. Baginya, bergesernya tali toga itu memiliki makna yang mendalam.

"Bagaimana pada saat tali toga berada di sebelah kiri, itu artinya rekan-rekan diberikan kesempatan untuk mempersiapkan diri mengikuti semua kurikulum pendidikan yang ada untuk mempersiapkan diri menjadi orang-orang yang siap diterjunkan ke lapangan.

"Dan setelah dipindahkan tali toga ke kanan, teori-teori yang telah rekan-rekan dapatkan kemudian menjadi kewajiban menjadi tekan-rekan untuk bisa mengaplikasikan, mempraktikkan di lapangan," imbuhnya.

Kepada peserta wisuda, Sigit juga menekankan lulusan STIK memiliki tantangan tersendiri. Sebab sebagai anggota Polri, mereka harus dapat mengaplikasikan ilmunya di lapangan. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat