visitaaponce.com

Bertemu Menteri Saudi, Menag Sampaikan Problem Layanan Armina 1444 Hijriah

Bertemu Menteri Saudi, Menag Sampaikan Problem Layanan Armina 1444 Hijriah
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (kanan) berbincang dengan Menteri Haji dan Umrah Saudi Taufiq F Al Rabiah (kiri)(Antara)

MENTERI Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufiq F Al Rabiah menggelar pertemuan khusus sebelum menghadiri Hafl al-Haj al-Khitamy 1444 H, acara perayaan selesainya puncak haji. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief menyebut Menag dan Menteri Haji Arab Saudi telah mendiskusikan beberapa hal terkait masalah pelayanan haji yang dialami jemaah Indonesia, khususnya saat di Muzdalifah dan Mina.

"Menag menemui secara khusus Menteri Haji Arab Saudi Taufiq sebelum mengikuti perayaan atas selesainya penyelenggaraan haji 1444 H," terang Hilman Latief di Makkah, Minggu (2/7).

"Layanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina sepenuhnya menjadi tanggung jawab masyarikh dan pihak Saudi. Karenanya, Menag menyampaikan sejumlah masalah yang muncul kepada Menhaj Saudi," sebut Hilman.

Baca juga: Tidak Ada Jemaah Haji Tanah Air yang Wafat saat Prosesi Muzdalifah

Sejumlah masalah yang dialami jemaah haji Indonesia, antara lain keterlambatan pemberangkatan jemaah dari Muzdalifah ke Mina. Jemaah terakhir bisa kita berangkatkan ke Mina pada pukul 13.30 waktu Arab Saudi. Hal ini menyebabkan jemaah kepanasan saat di Muzdalifah. Mashariq yang bertanggung jawab dalam mobilisasi jemaah gagal memenuhi target untuk segera membawa jemaah haji Indonesia dari Muzdalifah ke Mina.

Masalah lainnya muncul saat jemaah berada di Mina. Sanitasi di sejumlah maktab yang dihuni jemaah haji Indonesia sangat buruk. Air bersih di dapur sejumlah maktab tidak keluar. Hal ini berakibat pada keterlambatan penyiapan makanan dan distribusinya.

Baca juga: PPIH Upayakan Jemaah Haji Lansia Pulang Lebih Awal setelah Safari Wukuf

"Semua problem yang terjadi di Muzdalifah dan Mina disampaikan ke Menhaj Saudi karena itu menjadi tanggung jawab Mashariq," ujar Hilman.

Hilman menjelaskan, Menhaj Taufiq sudah mendengar sejumlah persoalan yang dialami jemaah haji Indonesia. Menteri Haji akan melakukan perbaikan-perbaikan dan tidak akan membiarkan hal itu terjadi kembali. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat