visitaaponce.com

Dr. Usman Kansong, S.Sos, M.Si BeriKuliah Umum di Universitas Esa Unggul

Dr. Usman Kansong, S.Sos, M.Si Beri Kuliah Umum di Universitas Esa Unggul
Kuliah umum yang menghadirkan pembicara Dirjen Kemenkominfo Usman Kansong digelar di Universitas Esa Unggul, Jakarta, Senin (3/7).(Ist)

MANTAN wartawan yang saat ini menjabat Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Dr. Usman Kansong, S.Sos., M.Si memberikan kuliah umum yang dihadiri 400 lebih mahasiswa di Universitas Esa Unggul, Jakarta, Senin (3/7).

Usman mengatakan, masyarakat harus memahami pentingnya melindungi data pribadi mereka di tengah era pertumbuhan pengguna ponsel dan internet.

Menurut Dirjen Kemenkominfo,  data pribadi sangat penting, jangan sembarangan menyebarkan. Agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. "Jelas nanti akan merugikan," katanya.

Baca juga: Begini Langkah Kemenkominfo Redam Hoaks Jelang Pemilu 2024

“Data pribadi merupakan aset atau komoditas bernilai tinggi di era bank data digital saat ini, semua orang bisa mengaksesnya," jelasnya.

"Oleh sebab itu waspadalah dan jangan sembarang memberikan atau menyebarkan informasi yang bersifat pribadi lewat internet. Jaga data pribadi anda” ucap Usman Kansong.

Lebih lanjut Usman menjelaskan, keterbukaan publik sangat penting, dimana hak azasi manusia untuk mendapatkan informasi dengan baik dan jelas.

Baca juga: Universitas Esa Unggul dan Junior Chamber International Indonesia Jalin Kerja Sama

Menurut Usman, informasi selain merupakan kebutuhan pokok setiap orang untuk pengembangan diri dan sosial, juga merupakan bagian penting ketahanan nasional. Hak untuk memperoleh informasi adalah hak asasi manusia.

Pentingnya Keterbukaan Informasi Publik

"Keterbukaan informasi publik adalah salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulat an rakyat yang pada dasarnya bertujuan untuk mewujudkan good governance," papar Usman.

Baca jugaTim Pepipow Universitas Esa Unggul Juarai EIC 2022 dan Bertolak ke India

Pengelolaan informasi publik yang baik merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan masyarakat informasi.

Cakap Berkomunikasi dan Hindari Hoaks

Sementara itu Rektor Universitas Esa Unggul, Dr. Ir. Arief Kusuma Among Praja, S.T.,M.B.A., IPU, ASEAN Eng, menjelaskan pentingnya komunikasi publik di era digital saat ini. "Kita harus cakap berkomunikasi digital untuk menghindari berita-berita hoaks," jelasnya.

“Kami Universitas Esa Unggul siap mendukung program pemerintah untuk menangkat hoaks” kata Rektor.

Baca juga: Guru Besar Esa Unggul Bicara Tentang Hari Kanker Dunia 2023

Pada kesempatan yang sama Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Prof. Dr. Erman Anom menegaskan bahwa komunikasi adalah penyampaian pesan atau informasi kepada masyarakat atau publik.

"Maka regulasi yang kuat untuk keterbukaan publik pada Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi harus dikawal terus dengan baik," jelas Erman.

Acara berlangsung lancar dan sukses. Moderator acara Dr. Erna Febriani, S.Si., M.Si (Kepala Peminatan Public Relations Universitas Esa Unggul) membawa acara dengan hangat dan menyenangkan. Acara Kuliah Umum ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat