visitaaponce.com

1.984 Peserta Ikut Seleksi Jalur Mandiri Di USK Banda Aceh

1.984 Peserta Ikut Seleksi Jalur Mandiri Di USK Banda Aceh
Peserta seleksi jalur mandiri di Universitas Syiah Kuala(MI/AMIR MR)

SELEKSI jalur Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMM PTN) wilayah barat, hari dimulai pada Selasa (4/7). Sebanyak 1.984 peserta seleksi itu mengikuti ujian di Universitas Syiah Kuala (USK).

Mereka akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam 5 sesi pada 3 titik lokasi ujian di USK, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), serta UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan, Rabu (3/6) mengucapkan selamat mengikuti ujian kepada seluruh peserta jalur mandiri. Lalu berharap para peserta itu bisa dan mampu menjawab soal-soal ujian ini dengan baik serta lebih sempurna.

Baca juga: Universitas Syiah Kuala Loloskan 3.576 Peserta SNBT, Buka Jalur Mandiri Sampai 27 Juni

Rektor Marwan juga mengingatkan kepada seluruh peserta ujian agar mempersiapkan dirinya sebaik mungkin, serta memperhatikan dengan cermat dan seksama seluruh persyaratan ujian. Misalnya, peserta diharapkan hadir 30 menit sebelum ujian dimulai.

"Karena jalur Mandiri adalah jalur terakhir untuk masuk PTN. Jadi, kami berharap anak-anak kita ini bisa lulus di kampus dan prodi pilihannya
masing-masing," kata Marwan.

Saat ujian, terlihat kondisi atau suasana ujian berjalan lancar dan tertib. Para peserta sudah hadir pada tiga lokasi ujian tersebut satu jam sebelum ujian dimulai. Terlihat pula sebagian peserta ujian hadir dengan diantar oleh saudara atau orang tuanya.

Marwan mengungkapkan, USK telah menyiapkan kuota sebesar 35% untuk jalur Mandiri pada tahun ini. Jumlah tersebut setara sekitar 3.000 mahasiswa baru dari total penerimaan mahasiswa baru USK pada tahun 2023 ini.

Baca juga: UGM Gelar Ujian Mandiri di Enam Kota, Dimulai dari Pekanbaru

Sementara untuk dua jalur masuk sebelumnya kuota yang disediakan USK adalah, untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) sebanyak 25% dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) sebanyak 40 persen.

Dia menegaskan, meskipun jalur Mandiri ini merupakan jalur seleksi mahasiswa baru yang terakhir,  namun USK menjamin bahwa kualitas seleksinya sama dengan dua jalur seleksi sebelumnya yaitu SNBP dan SNBT.

"Setiap tahunnya kita sudah membuktikan, bahwa anak-anak yang lulus dari Jalur Mandiri ini ternyata punya kualitas yang sama dengan jalur seleksi lainnya. Banyak di antara mereka yang berhasil meraih prestasi di kampus ini," tutur Marwan. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat