visitaaponce.com

Majelis Rektor Tanggapi Kisruh Soal UKT di Perguruan Tinggi

Majelis Rektor Tanggapi Kisruh Soal UKT di Perguruan Tinggi
Ilustrasi(MI/Seno)

MAJELIS Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) memberikan tanggapan mengenai isu perubahan struktur pembiayaan pendidikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Ketua MRPTNI Prof. Ganefri mengatakan bahwa saat ini, upaya yang dilakukan oleh PTN agar pembiayaan UKT lebih berkeadilan dan terjangkau oleh semua pihak adalah memperluas rentang kategori pembiayaan pendidikan melalui penambahan beberapa kategori yang disesuaikan dengan kemampuan berbagai lapisan masyarakat.

“Bahwa penyesuaian kategori UKT tersebut, bukan berarti terjadi kenaikan UKT di PTN, namun merupakan upaya menyeimbangkan antara besaran Biaya Kuliah Tunggal (BKT) dengan UKT di PTN, guna memperluas partisipasi masyarakat sesuai dengan kemampuan masing-masing,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Padang tersebut, Selasa (21/5).

Lebih lanjut, MRPTNI memberi jaminan kepada masyarakat bahwa, seluruh mahasiswa Indonesia yang terindikasi memiliki kemampuan akademik baik, akan memperoleh kesempatan menempuh pendidikan di PTN seluruh Indonesia, tanpa terkendala dengan besaran UKT di setiap PTN.

Selain itu, dia juga mengimbau kepada masyarakat, agar lebih proaktif mengakses informasi yang benar dan akurat melalui media komunikasi langsung dengan Perguruan Tinggi Negeri tujuan masing-masing karena setiap PTN memiliki struktur pembiayaan UKT yang berbeda satu dengan lainnya. (Des)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat