visitaaponce.com

Mahasiswa dan Dosen Fakultas Kedokteran Hewan USK Diterjunkan Periksa Hewan Kurban

Mahasiswa dan Dosen Fakultas Kedokteran Hewan USK Diterjunkan Periksa Hewan Kurban
Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan menyerahkan alat kerja lapangan SPPHQ 2023(MI/Amir MR)

UNIVERSITAS Syiah Kuala (USK) menerjunkan 543 mahasiswa dan dosen dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) untuk melakukan Supervisi Pemeriksaan dan Pemotongan Hewan Qurban (SPPHQ) tahun 2023.

Pelepasan tim SPPHQ 2023 dilakukan oleh Rektor USK Marwan di Halaman Masjid Jamik Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Aceh

Pelepasan itu bersamaan dengan penyerahan bantuan restrain box penyembelihan sapi kepada Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Masjid Jamik Kopelma Darussalam dan Masjid Baitul Jannah Tungkop.

Baca juga : 8 Kawasan Hutan Adat Mukim Aceh Resmi Diakui Negara

Ketua Pelaksana SPPHQ 2023 Fahmi Rizki Lubis mengatakan, SPHHQ merupakan kegiatan tahunan FKH USK sebagai bentuk pengabdian kampus kepada masyarakat. 

"Kali ini, 543 peserta SPPHQ disebar di 50 titik meliputi 32 Gampong (desa) di Kota Banda Ibukota Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Besar," katanya. Rabu (28/6).

Selain itu, SPHHQ FKH USK juga dilaksanakan secara nasional yaitu di Pulau Jawa dan Sumatra, dengan dukungan Dinas Peternakan, PDHI Aceh dan IKA FKH USK.

Baca juga : Wakil Ketua MPR Ajak Mahasiswa USK Pelajari Sejarah Aceh

Dikatakan Fahmi, peserta SPPHQ nantinya akan melakukan supervisi sebelum dan sesudah penyembelihan hewan qurban. Adapun kegiatan mereka diantaranya adalah melakukan edukasi terkait kesehatan daging hewan, penyakit, pemeriksaan sebelum disembelih (antemortem) dan pemeriksaan setelah disembelih (post mortem).

"Kami harap kegiatan ini bisa berjalan lancar, sehingga masyarakat bisa mengkonsumsi daging qurban yang terjamin mutu dan kualitasnya, secara sehat serta halal" tuturnya.

Adapun Rektor USK Marwan menyambut baik program pengabdian kepada masyarakat ini karena memiliki manfaat yang luas bagi masyarakat. Sebab kurban merupakan ibadah yang pelaksanaannya harus sesuai syariat, dan berkaitan erat dengan kesehatan pada masyarakat.

"Jadi kehadiran mereka ini sangatlah penting. InsyaAllah, dengan adanya supervisi seperti ini maka kehalalan dan kesehatan hewan qurban bagi masyarakat bisa terjamin" tutur Marwan.

Marwan mengingatkan, peserta SPPHQ untuk membangun komunikasi yang baik kepada masyarakat, agar kegiatan supervisi bisa berjalan baik. Pihaknya turut menyampaikan terima kasih kepada mitra USK yang telah mendukung kegiatan ini. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat