visitaaponce.com

Ini Tips Menyimpan Daging Kurban yang Tepat dari Dokter Hewan

Ini Tips Menyimpan Daging Kurban yang Tepat dari Dokter Hewan
Panitia kurban menimbang daging hewan kurban yang disembelih.(Dok. MI)

MENYIMPAN daging, termasuk daging kurban, harus dilakukan dengan tepat. Dengan begitu kualitas dan rasa daging tidak akan rusak. Menjelang hari raya Idul Adha, sangat penting untuk mengetahui cara menyimpan daging, agar daging kurban yang didapat tidak mudah rusak.

Dokter hewan lulusan Universitas Syiah Kuala Benny Andista menjelaskan sejumlah tips menyimpan daging kurban dengan baik agar daging dapat bertahan lama saat disimpan dalam lemari pendingin maupun lemari pembeku.

“Bersihkan daging dengan baik dan daging tidak perlu dicuci dengan air,” kata Benny.

Baca juga : Mau Banyak Makan Daging tapi Tetap Sehat saat Idul Adha? Ini Tipsnya

Benny tidak menganjurkan untuk mencuci daging dengan air sebelum menyimpannya. Mencuci daging sebelum disimpan dapat menimbulkan bakteri baru. Oleh karena itu, daging cukup dibersihkan tanpa air.

“Lalu pisahkan daging yang akan dimasak dan yang akan disimpan dalam lemari pendingin,” ujarnya.

Setelah itu, lanjut Benny, kemas daging ke dalam wadah yang bersih dan dapat ditutup rapat. Hal ini untuk mencegah kelembaban berlebih pada daging dan kontaminasi dari bakteri yang merugikan.

Baca juga : Jelang Idul Adha, DKI Gandeng IPB Petakan Distribusi Hewan Kurban

Setelah dikemas dalam wadah tertutup, tempatkan daging ke dalam chiller atau lemari pendingin khusus terlebih dahulu selama kurang lebih 2–4 jam. Setelah itu, pindahkan daging ke freezer agar struktur daging tidak rusak.

Ketahanan Daging Sapi dan Kambing Mentah

Lebih lanjut, dokter yang kini berpraktik di Klinik Hewan Andista Andista Care itu mengatakan, ada perbedaan masa ketahanan daging jika disimpan dalam chiller atau freezer. Biasanya, daging sapi mentah yang disimpan dalam chiller dapat bertahan selama 3–5 hari.

“Dalam freezer daging sapi mentah bisa bertahan selama 4–6 bulan,” kata Benny.

Untuk daging kambing mentah, biasanya daging yang disimpan dalam chiller akan bertahan selama 3–5 hari. Sedangkan daging kambing mentah yang disimpan dalam freezer dapat bertahan selama 6–9 bulan.

(Ant/Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat