visitaaponce.com

Sinar Mas gelar Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis

Sinar Mas gelar Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis
Bakti Sosial Operasi Katarak oleh Sinar Mas(Istimewa)

Sinar Mas melalui PT Berau Coal berkolaborasi dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Sinar Mas, Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, dan RSUD Abdul Rivai, mengadakan Bakti Sosial (Baksos) Operasi Katarak Gratis untuk Masyarakat Berau Dan Sekitarnya. Kegiatan yang berlangsung di RSUD dr. Abdul Rivai pada 14-15 Juli itu dilaksanakan demi mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat setempat.

"Program ini sebagai bentuk komitmen kami dalam menebar manfaat bagi masyarakat. Perusahaan mendukung program pemerintah untuk membantu mengurangi angka katarak, meringankan beban masyarakat, mendorong percepatan pemulihan kesehatan, dan juga kesejahteraan masyarakat khususnya Kabupaten Berau, dan umumnya di Indonesia," ujar Direktur Operasional & HSE PT Berau Coal Arief Wiedhartono melalui keterangan resmi, Selasa (18/7).

Berdasarkan data hasil survei Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia dan Balitbangkes pada 2022, angka kebutaan di Tanah Air mencapai 3%. Dari angka itu, penyakit katarak penyebab kebutaan tertinggi yakni mencapai 81%. itu juga menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang mempunyai jumlah kasus kebutaan tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Baca juga: Terimakasih, Akhirnya bisa Melihat Lagi

Arief meyakini bahwa program-program kolaborasi yang dilakukan dengan berbagai pihak akan membawa semangat kebersamaan dan kebaikan yang lebih luas dalam memajukan Kabupaten Berau seperti yang kita lakukan hari ini.

“Untuk itu, kami berharap kolaborasi-kolaborasi semacam ini bisa dilakukan kembali dan tentu dengan lebih banyak pihak yang dilibatkan,” tandasnya.

Baca juga: Polri Gelar Baktikes Operasi Katarak Gratis bersama SidoMuncul Jelang HUT Bhayangkara

Bupati Berau melalui Asisten 1 Setkab Berau, Hendratno mengucapkan terima kasih, apresiasi, dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran manajemen PT Berau Coal, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Cabang Sinar Mas, dan RSUD Abdul Rivai, atas terselenggaranya kegiatan bakti sosial tersebut.

"Tentu, ini merupakan suatu kegiatan yang sangat positif dan dinantikan masyarakat kita, terutama bagi para pasien katarak. Saya sangat bersyukur, PT Berau Coal sebagai salah satu perusahaan terbesar di Kabupaten Berau memiliki perhatian dan semangat luar biasa dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," jelas Hendratno.

Sebelumnya, pada 8 Juli 2023, sekitar 300 pendaftar telah melakukan proses screening untuk mengikuti operasi katarak. Dari jumlah tersebut, sebanyak 142 pendaftar dinyatakan lolos untuk menjalani tindakan operasi. Tidak hanya dari Kabupaten Berau, peserta juga hadir dari Kutai Timur dan Kalimantan Utara. Kegiatan bakti sosial ini merupakan bagian dari Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Berau Coal dalam pilar kesehatan. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat