visitaaponce.com

Sambut Tahun Baru Islam, Ini 3 Kebangkitan Islam Pesan Ketum Baznas

Sambut Tahun Baru Islam, Ini 3 Kebangkitan Islam Pesan Ketum Baznas
Tahun baru islam 1445 Hijriah(Dok. Ist)

TEPAT pada tanggal 19 Juli 2023, umat muslim memperingati Tahun Baru Islam 1445 Hijriah. Dalam rangka menyambut Tahun Baru umat Islam, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengadakan 'Mujahadah Muharam 1445 H'.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Baznas, KH Noor Achmad mengatakan bahwa kegiatan ini adalah untuk menutup tahun 1444H dengan Mujahadah dan membuka 1445 H dengan Mujahadah.

Noor mengungkapkan bahwa saat memasuki 15 Hijriah, umat Islam mendeklarasikan tiga kebangkitan, yaitu kebangkitan ilmu, kebangkitan ekonomi dan kebangkitan budaya islam.

Baca juga: Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 2023

"Ketiga kebangkitan tersebut sekarang ini sudah mulai terlihat, bisa dilihat dari ilmuan-ilmuan muslim yang menggabungkan ilmuan ilmiah atau keilmuan umum sudah terlihat banyak berkolaborasi," katanya di Jakarta pada Selasa (18/7).

Selain itu, Noor menilai saat ini ekonomi islam sudah berkembang cukup dahsyat.

Baca juga: Tahun Baru Islam 1444 H, Momentum Pematangsiantar Berubah Positif

"Yang dulu belum pernah dikaji, sekarang-sekarang ini ekonomi islam sudah kurang lebih menguasai 10% ekonomi dunia," jelasnya.

Selain ekonomi islam, saat ini ada Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) yang juga ikut berkembang.

"Dan itulah kemudian yang akan kita jadikan sebagai alternatif untuk menyejahterakan umat karena itulah janji Rasulullah,"

Sebagai lembaga pengelola ZIS, Baznas juga bertekad untuk menjadi sebuah lembaga yang bisa menyejahterakan umat Islam dan meminta dukungan dari berbagai pihak karena yang dilakukan oleh Baznas bukan semata-mata program Baznas akan tetapi program umat Islam di seluruh dunia.

Terakhir adalah perkembangan budaya Islam, hampir di semua negara saat ini sudah mengetahui budaya Islam tidak hanya berkembang di negara Muslim.

"Budaya santun, budaya damai, budaya yang saling menyayangi antara satu dengan yang lain, budaya memelihara aurat, budaya memelihara keluargaan itu budaya yang diciptakan oleh Islam," tandasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat