visitaaponce.com

Doa Awal Bulan yang Dibaca Nabi dan Sahabat

Doa Awal Bulan yang Dibaca Nabi dan Sahabat
Ilustrasi.(Antara/Iggoy el Fitra.)

PARA Nabi Allah, sahabat Rasulullah SAW, dan ulama mengajarkan banyak doa kepada kita. Salah satunya yaitu doa awal bulan yang disampaikan sahabat Nabi.

Doa ini boleh dibaca pada awal bulan, termasuk awal tahun, baik tahun baru Masehi maupun Hijriyah. Ini karena awal tahun pasti dimulai satu bulan. Jadi, doa awal bulan cocok dibaca di akhir bulan atau awal bulan. Intinya, doa awal bulan kita panjatkan agar dijaga Allah sepanjang bulan tersebut.

Bagaimanakah doa awal bulan sekaligus doa awal tahun? Berikut doa awal bulan atau awal tahun yang dapat kita baca.

Doa pertama di awal bulan

Doa awal bulan ada dalam riwayat dari Ahmad, Tirmidzi, dan Ad-Darimi. Tirmidzi mengatakan bahwa hadis ini hasan gharib.

Baca juga: Beda Doa Qunut yang Dibaca Imam dan saat Salat Sendiri

Dari Thalhah bin 'Ubaidillah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ketika melihat hilal, beliau mengucapkan,

اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ رَبِّى وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allaahumma ahlilhu (redaksi lain: ahillahu) 'alaynaa bil yumni wal iimaani was salaamati wal Islaami rabii wa rabbukallaah.

Ya Allah, tampakkanlah bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan Islam. Rabbku dan Rabbmu (wahai bulan sabit) ialah Allah.  

Doa awal bulan ini baiknya dibaca pada awal bulan Hijriyah saat sudah tampak hilal. Menurut ustaz Adi Hidayat, doa ini dibaca Nabi Muhammad SAW di awal bulan Ramadan. Namun, doa ini boleh saja dibaca menyambut tahun baru.

Doa kedua di awal bulan

Ada pula riwayat dari Al-Baghawi dalam Mu'jam Ash-Shahabah. Imam Ibnu Hajar mensahihkan hadis ini dalam Al-Ishabah, 6:407-408. Hadits ini mawquf termasuk perkataan sahabat sesuai syarat kitab sahih.

Baca juga: Doa Bercermin Arab, Latin, Terjemah, serta Hikmahnya

Abdullah bin Hisyam radhiyallahu 'anhu berkata,

كَانَ أَصحَابُ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ يَتَعَلَّمُونَ هَذَا الدُّعَاءَ كَمَا يَتَعَلَّمُونَ القُرآنَ إِذَا دَخَلَ الشَّهرُ أَو السَّنَةُ:

"Sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengajarkan doa sebagaimana mengajarkan Al-Qur'an. Doa ini dibaca saat memasuki awal bulan atau tahun:

Baca juga: Doa Minta Rezeki Nabi Musa, Nabi Sulaiman, dan Nabi Isa

اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيْمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالإِسْلَامِ، وَجِوَارٍ مِنَ الشَّيطَانِ، وَرِضوَانٍ مِنَ الرَّحمَنِ

Allaahummad khilhu 'alaynaa bil amni wal iimaani was salaamati wal Islaam wa jiwaarim minasy syaythaani wa ridhwaanim minar rahmaan.

Ya Allah, masukkanlah kami pada bulan ini dengan rasa aman, keimanan, keselamatan, dan Islam serta lindungilah kami dari gangguan setan dan mendapat rida Allah (Ar-Rahman).

Baca juga: Jelang Pemilu, Empat Doa Mohon Pemimpin yang Penyayang

Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid menulis, "Doa ini ada riwayatnya. Seorang muslim sangat bagus sekali mengamalkan doa ini ketika masuk awal bulan (terlihat hilal)." (Fatawa Al-Islam Sual wa Jawab Nomor 322.345)

Doa awal bulan yang kedua dapat dibaca untuk bulan Hijriyah dan Masehi. Mari kita hafalkan dan baca doa tersebut di setiap awal bulan, termasuk awal tahun, seperti Januari atau Muharram. Namun, jika tidak hafal dalam bahasa Arab, boleh menggunakan bahasa Indonesia dan sesuai kebutuhan kita asal meminta kebaikan, bukan keburukan. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat