visitaaponce.com

Ini yang Dicari Ilmuwan saat Gerhana Matahari Total di AS

Ini yang Dicari Ilmuwan saat Gerhana Matahari Total di AS
Sekolah Menengah Nashville mengumumkan akan ditutup selama gerhana matahari 8 April pada 5 April 2024 di Nashville, Illinois.(AFP/Scott Olson)

KETIKA gerhana matahari total yang jarang terjadi melanda Amerika Utara pada Senin (8/4), para ilmuwan akan dapat mengumpulkan data berharga tentang segala hal, mulai dari atmosfer Matahari hingga perilaku hewan yang aneh, bahkan kemungkinan dampaknya terhadap manusia.

Fenomena itu terjadi saat Matahari berada di dekat puncak siklus matahari 11 tahunannya. Ini menjadi panggung untuk pemandangan yang menakjubkan. Korona akan bersinar secara spektakuler dari siluet Bulan di sepanjang koridor yang membentang dari Meksiko ke Kanada melalui Amerika Serikat (AS).

Gerhana matahari total menawarkan, "Peluang ilmiah yang luar biasa," kata Wakil Administrator NASA Pam Melroy pada konferensi pers minggu ini tentang peristiwa langit tersebut. Badan antariksa AS ialah salah satu lembaga yang siap menghadapi gerhana dengan rencana meluncurkan eberapa broket bersuara untuk mempelajari dampaknya terhadap atmosfer bagian atas bumi.

Baca juga : Amerika Serikat Minta NASA Ciptakan Standar Waktu Bulan, Apa Tujuannya?

Berikut sejumlah hal yang para peneliti harapkan untuk dipelajari dari gerhana yang akan datang.

Atmosfer Matahari 

Saat Bulan lewat tepat di depan Matahari dan menghalanginya, tepi terluar atmosfer Matahari, atau korona, yang sulit dipahami, akan terlihat, "Di cara yang sangat istimewa," kata Melroy. "Ada banyak hal yang terjadi dengan korona yang tidak sepenuhnya kita pahami," katanya.

Panas di dalam mahkota meningkat seiring dengan semakin jauhnya jarak dari permukaan Matahari. Ini fenomena berlawanan dengan intuisi yang sulit dipahami atau dijelaskan sepenuhnya oleh para ilmuwan.

Baca juga : 5 Fakta Menarik tentang Gerhana Matahari Total

Semburan api matahari (solar flare), ledakan energi mendadak yang melepaskan radiasi ke luar angkasa, terjadi di korona. Begitu pula solar prominences, yaitu formasi plasma raksasa yang keluar dari permukaan Matahari.

Selama gerhana, bagian paling bawah dari mahkota--tempat banyak aktivitas ini terjadi--lebih terlihat jelas dibandingkan saat menggunakan instrumen khusus untuk menghalangi bagian tengah Matahari. Hal itu memberikan peluang emas untuk melakukan penelitian, kata Shannon Schmoll , direktur Planetarium Abrams di Michigan State University.

Para peneliti sangat gembira karena Matahari mendekati puncak siklus 11 tahunnya. "Kemungkinan kita akan melihat sesuatu yang menakjubkan sangatlah tinggi," kata Melroy.

Baca juga : Pendarat Bulan Peregrine Terancam Gagal, Kini Arahnya Menuju Bumi

Atmosfer Bumi 

Gerhana total juga akan memberi para ilmuwan kesempatan untuk mempelajari perubahan di bagian atas atmosfer bumi yang dikenal sebagai ionosfer. Ini penting karena memengaruhi gelombang radio yang digunakan untuk komunikasi dan navigasi.

"Gangguan pada lapisan ini dapat menyebabkan masalah pada GPS dan komunikasi," kata Kelly Korreck, manajer program gerhana di kantor pusat NASA. Ionosfer, tempat pertemuan atmosfer Bumi dengan ruang angkasa, dipengaruhi oleh Matahari yang memberi muatan listrik pada partikel-partikel di sana pada siang hari.

Tiga roket milik NASA akan diluncurkan sebelum, selama, dan setelah gerhana dari Virginia untuk mengukur perubahan ini. 

Baca juga : Tiga Perusahaan Berebut Bikin Penjelajah Bulan NASA

Penurunan besar sinar matahari yang dipicu oleh gerhana--lebih cepat dan terlokalisasi dibandingkan matahari terbenam--seharusnya memungkinkan para peneliti untuk mempelajari lebih lanjut tentang cahaya memengaruhi ionosfer sehingga mereka dapat memprediksi potensi gangguan yang bermasalah dengan lebih baik.

Perilaku hewan 

Perilaku hewan yang mengejutkan telah terlihat selama gerhana. Jerapah terlihat berlari kencang, sementara ayam jantan dan jangkrik mulai berkokok dan berkicau.

Selain sinar matahari berkurang, suhu dan angin--kondisi yang sensitif bagi hewan--juga dapat menurun secara signifikan selama gerhana. 

Baca juga : 5 Dampak dan Pengaruh Gerhana Matahari Total terhadap Bumi

Andrew Farnsworth, peneliti ornitologi di Cornell University di negara bagian New York, mempelajari gerhana memengaruhi burung. Ia menggunakan radar pengawasan cuaca untuk mendeteksi burung yang sedang terbang.

Selama gerhana matahari total terakhir yang terlihat di Amerika Serikat pada Agustus 2017, para ilmuwan mengamati, "Penurunan jumlah hewan yang terbang," kata Farnsworth kepada wartawan.

Gerhana pada 2017 mengganggu aktivitas sehari-hari serangga dan burung, kata pakar tersebut, tetapi tidak memicu perilaku hewan nokturnal seperti burung yang bermigrasi atau munculnya kelelawar.

Baca juga : AS Bersiap untuk Meluncurkan Misi Bulan Baru pada Hari Valentine

Kali ini, burung mungkin lebih cenderung bermigrasi saat gerhana, mengingat saat itu terjadi pada April. "Pola-pola seperti ini penting untuk memahami cara hewan memandang dunia mereka," kata Farnsworth.

Kekaguman manusia 

"Gerhana memiliki kekuatan khusus. Gerhana menggerakkan orang untuk merasakan semacam penghormatan terhadap keindahan alam semesta kita," kata Administrator NASA Bill Nelson kepada wartawan.

Para peneliti mempelajari perasaan kagum ini pada 2017, menggunakan data dari hampir tiga juta pengguna Twitter, yang sekarang disebut X. Mereka yang berada dalam sesuatu yang disebut jalur totalitas--saat Bulan akan sepenuhnya--menghalangi Matahari cenderung menggunakan kata ganti kita (dibandingkan dengan saya) dan menyatakan keprihatinan terhadap orang lain, menurut Paul Piff , seorang profesor psikologi di Universitas California, Irvine.

"Yang kami temukan ialah pengalaman yang menimbulkan rasa kagum tampaknya menyelaraskan orang dan menghubungkan kita satu sama lain, untuk menghubungkan kita dengan entitas yang lebih besar dari diri kita sendiri," kata Piff. Pada tahun ini, ia berencana mempelajari pengalaman tersebut berdampak pada perpecahan politik di masyarakat atau tidak.

Sekitar 40 proyek sains warga direncanakan seputar gerhana, mulai dari penggunaan aplikasi telepon untuk mencatat suhu dan tutupan awan hingga merekam kebisingan sekitar selama peristiwa tersebut. "Kami mendorong Anda untuk membantu NASA mengamati pemandangan dan suara di sekitar Anda," kata Nelson. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat