visitaaponce.com

Pendarat Bulan Peregrine Terancam Gagal, Kini Arahnya Menuju Bumi

Pendarat Bulan Peregrine Terancam Gagal, Kini Arahnya Menuju Bumi
Pendarat Bulan swasta Peregrine buatan AS, mengalami kebocoran bahan bakar sejak awal perjalanannya, kini menuju Bumi.(AFP)

PENDARAT Bulan swasta Amerika Serikat (AS) yang bocor bahan bakar sepanjang perjalanannya kini menuju Bumi dan kemungkinan besar akan terbakar di atmosfer, demikian diumumkan perusahaan tersebut, Sabtu.

Astrobotic telah secara rutin memberikan pembaruan status pendarat Peregrine sejak awal perjalanan yang kurang mujur ini, yang dimulai ketika pendarat diluncurkan dengan roket Vulcan baru yang dibangun United Launch Alliance pada 8 Januari.

Tak lama setelah berpisah dari roket, pesawat ruang angkasa ini mengalami ledakan di dalamnya dan segera terlihat bahwa pendarat tidak akan berhasil mendarat lembut di Bulan karena jumlah propelan yang hilang, meskipun tim Astrobotic berhasil mengaktifkan eksperimen ilmiah yang mereka bawa untuk NASA dan agensi antariksa lainnya, serta mengumpulkan data penerbangan antariksa.

Baca juga: Misi Pendaratan Bulan Swasta AS Gagal, NASA Tunda Kembalikan Astronot ke Bulan

"Pembaruan terbaru kami sekarang menunjukkan bahwa pesawat sedang menuju Bumi, di mana kemungkinan besar akan terbakar di atmosfer Bumi," tulis perusahaan berbasis di Pittsburgh di X.

"Tim saat ini sedang menilai opsi dan kami akan memberikan pembaruan segera setelah kami bisa."

Baca juga: Suku Navajo Menentang Penempatan Sisa Manusia di Bulan

Robot berbentuk kotak ini sekarang telah berada di luar angkasa selama lebih dari lima hari dan saat ini berjarak 242.000 mil (390.000 kilometer) dari planet kita, tambah Astrobotic.

Para pengamat antariksa telah mengikuti dengan cermat lintasan Peregrine dan banyak yang berharap mungkin masih dapat melakukan "pendaratan keras" di Bulan, seperti yang dilakukan pendarat yang gagal sebelumnya, meskipun sekarang jelas bahkan tujuan yang lebih rendah itu tidak akan tercapai.

Selain perangkat keras ilmiah, pesawat ruang angkasa ini membawa kargo untuk klien-klien pribadi Astrobotic, termasuk kaleng minuman olahraga, Bitcoin fisik, serta abu, dan DNA manusia dan hewan.

Astrobotic adalah entitas swasta terbaru yang gagal dalam pendaratan lembut, mengikuti organisasi nirlaba Israel dan sebuah perusahaan Jepang.

NASA telah membayar Astrobotic lebih dari $100 juta untuk mengangkut kargonya, dalam program eksperimental yang disebut Commercial Lunar Payload Services. Tujuan keseluruhan adalah menanamkan ekonomi bulan komersial dan mengurangi biaya operasional NASA sendiri.

Meskipun belum berhasil kali ini, pejabat NASA telah menjelaskan strategi mereka dengan "lebih banyak upaya" berarti lebih banyak kesempatan untuk mencapai tujuan, dan upaya berikutnya, oleh Intuitive Machines yang berbasis di Houston, diluncurkan pada bulan Februari.

Astrobotic sendiri akan mendapatkan kesempatan lain pada bulan November dengan pendarat Griffin-nya yang membawa rover VIPER NASA ke kutub selatan Bulan. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat