visitaaponce.com

Misi Pendaratan Bulan Swasta AS Gagal, NASA Tunda Kembalikan Astronot ke Bulan

Misi Pendaratan Bulan Swasta AS Gagal, NASA Tunda Kembalikan Astronot ke Bulan
Misi pendaratan bulan swasta dari Amerika Serikat mengalami kegagalan(AFP)

SEBUAH misi pendaratan bulan swasta dari Amerika Serikat (AS) mengalami kegagalan, sementara NASA menunda rencana untuk mengembalikan astronot ke Bulan.

Dua peristiwa ini pada hari Selasa menjadi pukulan bagi ambisi Amerika untuk mendorong ekonomi luar angkasa komersial, mengembangkan kehadiran berkelanjutan di tetangga terdekat Bumi, dan menggunakannya sebagai titik lompatan menuju Mars.

Sementara itu, Tiongkok terus mendekat, menargetkan tahun 2030 untuk pendaratan berawak.

Baca juga: Suku Navajo Menentang Penempatan Sisa Manusia di Bulan

Peregrine Lunar Lander milik Astrobotic diluncurkan pada Senin dari Cape Canaveral Space Force Station di Florida, dan berhasil terpisah dari roketnya. Namun, beberapa jam kemudian, Astrobotic melaporkan ketidakmampuan untuk mengarahkan panel surya Peregrine ke matahari dan menjaga baterainya terisi penuh. 

Glitch dalam sistem propulsi menyebabkan kehilangan bahan bakar yang kritis dan merusak luar angkasa pesawat tersebut. Astrobotic menyatakan misi tersebut tidak memiliki kesempatan pendaratan lembut, menghancurkan harapan untuk pendaratan sukses  misi non-pemerintah, dan pendaratan lembut pertama Amerika di Bulan sejak Apollo 17 pada 1972.

Baca juga: Wahana Milik NASA Kian Dekat dengan Matahari

NASA telah membayar Astrobotic lebih dari US$100 juta untuk mengirim perangkat keras ilmiah ke Bulan guna menjawab pertanyaan tentang komposisi permukaan dan radiasi, seiring badan antariksa AS bersiap mengirim astronot kembali untuk misi jangka panjang.

Kegagalan ini tidak mengindikasikan strategi meningkatkan kemitraan komersial pada dasarnya bermasalah, menurut Michael Lembeck, mantan pejabat NASA yang kini menjadi profesor asosiasi teknik dirgantara di University of Illinois. "Ini adalah keseimbangan antara membuat kemajuan dan menerima risiko - dan saya pikir dalam jangka panjang kegagalan ini sama informatifnya dengan keberhasilan," katanya, menambahkan kontrak NASA dengan perusahaan lain, termasuk Intuitive Machines berbasis di Houston, membantu menyebarkan risiko tersebut.

Isu Keselamatan Artemis

Namun, untuk memperburuk suasana hati pengamat luar angkasa, Administrator NASA Bill Nelson mengumumkan penundaan rencana agensi untuk mengembalikan astronot ke permukaan bulan dari Desember 2025 menjadi September 2026, dengan alasan isu keselamatan pada kapsul awak Orion. Sedikit analis yang percaya tanggal baru ini untuk kembalinya sepatu bot Amerika di Bulan bisa diandalkan.

Dalam briefing Selasa, pejabat NASA memberikan rincian baru tentang kekhawatiran terkait dengan kapsul Orion yang dibangun oleh Lockheed Martin. Pertama, misi tanpa awak Artemis 1 mengungkapkan bahwa perisai panas kehilangan sebagian materinya selama masuk kembali yang berapi-api ke atmosfer. 

Kedua, cacat desain ditemukan selama pengujian baru dalam kemampuan Orion untuk membuka dan menutup katup yang terhubung ke sistem dukungan kehidupan - yang dijelaskan oleh Amit Kshatriya, wakil administrator asosiasi untuk program Bulan ke Mars - sebagai "tidak dapat diterima." 

Ketiga, saat para insinyur menempatkan kendaraan dalam uji tegangan untuk mensimulasikan peluncuran darurat dari roket Space Launch Systems (SLS), mereka menemukan bahwa baterai terputus, yang berarti Orion mungkin tidak dapat mempertahankan daya saat mengambang kembali ke tanah.

Komplikasi SpaceX

Meskipun kembali ke meja gambar untuk Orion, masalahnya jauh lebih besar dengan fakta bahwa lander Artemis 3, versi modifikasi dari roket generasi berikutnya milik SpaceX, Starship, belum siap sama sekali dan meledak dalam dua penerbangan uji orbitalnya sejauh ini. Bahkan setelah Starship berhenti meledak, SpaceX harus berhasil dalam pendaratan lunar tanpa awaknya sendiri sebelum Artemis 3. 

Rencana kompleksnya melibatkan peluncuran pesawat luar angkasa sebagai stasiun pengisian bahan bakar, 10 Starship lainnya diluncurkan dan mengisi bahan bakar di stasiun tersebut, kemudian Starship lainnya mengumpulkan bahan bakar itu dan pergi ke Bulan, di mana itu akan bersandar dengan kapsul Orion dan terbang turun ke permukaan. 

Dengan kendala-kendala ini, batas waktu baru itu jauh dari realistis, kata Lembeck, menekankan bahwa dibandingkan dengan tahun-tahun Apollo, NASA bekerja dengan anggaran yang jauh lebih ketat, dalam era yang lebih berhati-hati terhadap risiko, tanpa keharusan nasional untuk mengalahkan Uni Soviet. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat