visitaaponce.com

Contoh Umbi Lapis, Perkembang Biakan pada Tumbuhan

Contoh Umbi Lapis, Perkembang Biakan pada Tumbuhan
Ingin tahu tanaman yang berasal dari umbi lapis? Simak penjelasan berikut.(Freepik)

UMBI lapis adalah tipe umbi yang terbentuk dari daun-daun yang tersusun rapat. Berbeda dengan jenis umbi lainnya, umbi lapis tidak menyimpan karbohidrat dalam bentuk polisakarida, melainkan pembesaran terjadi karena penumpukan cairan sel-sel.

Umbi lapis memiliki lima bagian utama, yaitu pelat basal (tempat akar tumbuh), sisik berdaging, tunik (penutup sisik berdaging), pucuk (kuncup bunga), dan tunas lateral.

Beberapa ciri atau karakteristik yang dapat ditemukan pada umbi lapis adalah sebagai berikut:

Baca juga: Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan dalam Pelajaran Biologi

  • Jika dipotong melintang, terlihat lapisan-lapisan pada bagian dalam.
  • Terdapat tunas pada bagian tengah umbi yang telah dipotong.
  • Tumbuh membengkak di bawah permukaan tanah.
  • Permukaan atasnya berbuku-buku.
  • Tunas baru tumbuh di bagian ketiak umbi atau pangkalnya.
  • Memiliki akar serabut.

Berikut adalah 10 contoh tanaman yang berkembang biak dengan cara umbi lapis:

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Tumbuhan Lumut, Paku, dan Berbiji

1. Bawang Merah

Bawang merah termasuk dalam kategori tanaman umbi lapis Allium Cepa L dan berkembang biak secara vegetatif. Saat dibelah, bawang merah terlihat memiliki lapisan-lapisan di dalamnya. Di Indonesia, bawang merah digunakan sebagai bumbu penyedap dalam berbagai jenis masakan dan obat tradisional yang populer.

2. Bawang Putih

Bawang putih merupakan tanaman umbi lapis yang termasuk dalam genus Allium. Bawang putih telah digunakan dalam masakan manusia selama lebih dari 7.000 tahun. Di Mesir kuno, bawang putih juga digunakan sebagai obat-obatan tradisional.

3. Bawang Bombay

Bawang Bombay memiliki ukuran, rasa, dan ketebalan kulit yang berbeda dengan bawang merah dan putih. Umbi bawang bombay terbentuk dari lapisan-lapisan batang atau pelepah yang menyatu dan membesar. Tanaman ini juga memiliki bunga majemuk berbentuk lingkaran bulat dengan tangkai besar yang pada bagian ujungnya tumbuh umbi-umbi kecil (bibit).

4. Bunga Bakung

Bunga bakung berasal dari genus Lilium dan ada sekitar 110 varietas bunga bakung saat ini. Beberapa jenis bunga bakung membentuk umbi lapis di bawah tanah, sementara yang lain membentuk rhizoma atau rimpang. Bunga bakung sering dibudidayakan sebagai tanaman hias karena memiliki tangkai yang kokoh, tampilan cantik, dan aroma harum.

5. Bunga Tulip

Tulip adalah tanaman yang dapat berkembang biak dengan cara seksual (penyerbukan) dan aseksual (tunas). Bunga tulip menghasilkan umbi lapis pada musim semi. Tanaman ini tumbuh dengan tinggi 10-70 cm, daunnya berlilin atau menyempit ke atas, dan memiliki ukuran bunga besar terdiri dari enam helai mahkota.

6. Bunga Amarilis

Amarilis adalah tanaman sejenis bunga bakung atau lili yang berasal dari Afrika Selatan. Bunga ini berkembang biak dengan umbi lapis dan dapat hidup sepanjang tahun. Amarilis memiliki tiga daun, aroma harum, dan tersedia dalam banyak variasi warna seperti putih, kuning, merah muda, jingga, ungu, tembaga, dan hitam.

7. Bunga Narsis

Bunga narsis atau narcissus berkembang biak dengan cara umbi dan termasuk dalam keluarga amaryllidaceae. Bunga ini sering ditemukan di pekarangan rumah karena bentuk dan warnanya yang cantik. Narsis terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Daffodil, Jonquis, dan Paperwhite.

8. Bunga Lili Hujan

Lili hujan atau zephyrantes termasuk dalam 70 genus bawang-bawangan. Tanaman ini memiliki bentuk menyerupai terompet dan banyak ditemukan di daerah tropis dan subtropis. Lili hujan memiliki enam lembar kelopak, aroma harum, dan daun yang memanjang seperti pita.

9. Bunga Lycoris

Red Spider Lily atau bunga Lycoris populer di Jepang dan dianggap sebagai lambang perpisahan. Di Indonesia, bonggol lycoris atau umbi bakung Lycoris banyak dijual sebagai tanaman hias untuk dibudidayakan kembali.

10. Bunga Lili Rawa

Bunga lili rawa juga merupakan jenis tanaman umbi lapis, dan sering digunakan sebagai tanaman hias. Lili rawa memiliki daun berwarna hijau yang tumbuh memanjang dari bawah ke atas, batang tumbuh hingga sekitar 60-180 cm, dengan bentuk bunga menyerupai lonceng.

Perkembangbiakan 

Umbi lapis, seperti jenis tumbuhan umbi lainnya, berkembang biak secara vegetatif alami dimana daun akan tumbuh pada bagian pelepah tipis. Akar serabut juga akan muncul di bagian bawah bonggol atau umbi. Tunas baru akan terus tumbuh menjadi tanaman dewasa dan mengulang siklus yang sama.

Beberapa jenis tanaman umbi lapis, misalnya bunga tulip, dapat berkembang biak dengan dua cara sekaligus, yaitu melalui penyerbukan atau dengan menggunakan umbi. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat