visitaaponce.com

Kenali Ciri-Ciri Tumbuhan Lumut, Paku, dan Berbiji

Kenali Ciri-Ciri Tumbuhan Lumut, Paku, dan Berbiji
Jamur.(DOK Kemendikbud.)

ANEKA tumbuhan hidup di muka Bumi. Para ilmuwan memasukkan tumbuhan dalam Kingdom Plantae (tumbuhan). Plantae  dibagi dalam beberapa divisio, yaitu lumut (Bryophyta), paku-pakuan (Pteridophyta), serta tumbuhan berbiji (Spermatophyta). 

Berdasarkan morfologi atau susunan tubuh, tumbuhan dapat dibedakan lagi atas dua jenis kelompok besar yaitu tumbuhan tidak berpembuluh (Thallophyta) yang meliputi lumut (Bryophyta) dan tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta) meliputi paku-pakuan (Pteridophyta) dan tumbuhan berbiji (Spermatophyta). Lebih jelasnya berikut uraian detailnya sebagaimana dilansir dari buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 1 dengan penulis ialah Wahono Widodo, Fida Rachmadiarti, dan Siti Nurul Hidayati.

Tumbuhan lumut dan paku

Tumbuhan lumut dan paku ialah tumbuhan yang memiliki spora serta berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif. Tumbuhan tersebut memiliki klorofil dan berfotosintesis. Habitatnya berupa tempat yang lembap.

Baca juga: Bagian-Bagian Mikroskop dan Cara Menggunakannya

Sebagai informasi, tumbuh-tumbuhan dikelompokkan menjadi dua kelompok besar, yaitu tumbuhan tidak berpembuluh dan tumbuhan berpembuluh. Tumbuhan tidak berpembuluh ialah tumbuhan yang tidak memiliki berkas pengangkut. 

Kelompok tumbuhan tidak berpembuluh belum dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun. Contoh tumbuhan yang termasuk kelompok tumbuhan tidak berpembuluh ialah tumbuhan lumut. Ia memiliki struktur yang menyerupai akar disebut rizoid, berspora, dan berklorofil.

Baca juga: Mengenal Makhluk Hidup Kelompok Protista, Monera, dan Jamur

Tumbuhan berpembuluh adalah tumbuhan yang memiliki berkas pengangkut dan sudah dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun. Tumbuhan berpembuluh disebut tumbuhan berkormus. 

Tumbuhan berkormus terdiri atas dua kelompok, yaitu kelompok kormofita berspora dan kormofita berbiji. Kormofita berbiji mempunyai bunga dan biji. 

Kormofita berspora tidak punya bunga, semisal tumbuhan paku (Pteridophyta). Tumbuhan paku memiliki ciri yaitu memiliki akar, batang, dan daun sejati; tidak berbunga; dan tidak berbiji. 

Baca juga: Belajar Klasifikasi Makhluk Hidup, Takson, Kunci Determinasi

Ciri lain dari tumbuhan paku adalah daun muda yang menggulung. Daun tumbuhan paku ada yang menghasilkan spora disebut sporofil dan ada pula daun yang tidak menghasilkan spora disebut tropofil.

Tumbuhan berbiji (Spermatophyta)

Tumbuhan berbiji (Spermatophyta) dikelompokkan menjadi tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae). Tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) punya ciri-ciri sebagai berikut.

Baca juga: Yuk Mengenal Empat Besaran Turunan

1. Berbiji telanjang karena bijinya tidak dibungkus oleh daun buah.

2. Alat reproduksi berupa bangun seperti kerucut yang disebut strobilus. Ada dua strobilus, yaitu strobilus jantan dan betina.

3. Batang besar dan berkambium.

4. Berakar tunggang dan serabut.

5. Daun selalu hijau, sempit, tebal, dan kaku. Contoh tumbuhan berbiji terbuka ialah juniper, cemara, damar, pinus, melinjo, dan pakis haji.

Baca juga: Tujuh Ciri Makhluk Hidup, Apa Saja?

Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) memiliki bakal biji atau bijinya terlindungi oleh daun buah (carpels). Daun buah dikelilingi oleh alat khusus yang membentuk struktur pembiakan yang disebut bunga. Contoh tumbuhan berbiji tertutup adalah mangga, jambu, avokad, anggur, dan nangka.

Tumbuhan Angiospermae bijinya berada di dalam struktur yang tertutup daun buah dan memiliki bunga. Tumbuhan berbiji tertutup dapat dibedakan lagi menjadi kelompok tumbuhan berkeping satu (monokotil) dan kelompok tumbuhan berkeping dua (dikotil).

Tumbuhan berkeping satu (monokotil) memiliki ciri-ciri yaitu punya satu keping daun lembaga, berakar serabut, batang tidak berkambium, berkas pembuluh pengangkut tersebar, tulang daun sejajar atau melengkung, dan kelopak bunga pada umumnya kelipatan tiga. 

Tumbuhan berkeping dua (dikotil) memiliki ciri-ciri yaitu punya dua keping daun lembaga, berakar tunggang, batang berkambium, tulang daunnya menjari atau menyirip, berkas pengangkut tersusun dalam satu lingkaran, dan kelopak bunga kelipatan empat atau lima.

Berdasarkan klasifikasi lima kingdom, makhluk hidup dibagi ke dalam kelompok animalia (hewan), plantae (Tumbuhan), fungi (jamur), protista, dan monera. Kelima kingdom diklasifikasi berdasarkan karakteristik yang khas dari setiap organisme-organisme yang menyusunnya. 

Demikian penjelasan tentang kingdom tumbuhan yaitu tumbuhan lumut, paku, dan berbiji. Semoga bermanfaat. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat