visitaaponce.com

UNM Gelar Pengabdian Masyarakat Bertaraf Internasional di Malaysia

UNM Gelar Pengabdian Masyarakat Bertaraf Internasional di Malaysia
Kegiatan Pengabdian Masyarakat (Joint Community Service) bertaraf internasional bertempat di Sanggar Bimbingan (SB) Sentul di Kuala Lumpur.(DOK IST)

UNIVERSITAS Negeri Makassar (UNM) berkolaborasi dengan Universitas Hasanuddin kembali mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Joint Community Service) bertaraf internasional bertempat di Sanggar Bimbingan (SB) Sentul di Kuala Lumpur, Malaysia. Pada kegiatan kedua ini, UNM juga berkolaborasi dengan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL)-KBRI Kuala Lumpur, Kementerian Kesehatan Malaysia, dan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM).

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menyasar anak-anak Indonesia yang berstatus stateless (tidak berdokumen atau kewarganegaraan resmi) di Kuala Lumpur. Upaya untuk menjadi world class university tersebut berlangsung pada 18-22 Juli 2023. Kegiatan pengabdian masyarakat internasional  ini juga  dibantu oleh para mahasiswa KKN internasional yang berada di Malaysia.

Melalui kolaborasi dengan tim UKM yang dipimpin oleh Timbalan Dekan Fakulti Kesihatan Gigi UKM Prof Dr Nurul, pengabdian masyarakat diisi dengan berbagai kegiatan. Di antaranya penyuluhan kesehatan gigi, permainan puppet show, dan kegiatan melukis yang diikuti oleh anak-anak Indonesia berstatus stateless di Malaysia. Selain itu, kegiatan ini juga diisi dengan bimbingan wawasan kebangsaan dan literasi.

Baca juga: Malaysia-Indonesia Tingkatkan Kerja Sama Pendidikan Tinggi

Anggota tim UNM, Irsyad Dhahri, menyatakan anak-anak Indonesia yang berstatus stateless di Malaysia adalah generasi mendatang bangsa yang harus senantiasa dirangkul. "Mereka yang perlu mendapat perhatian yang lebih besar dari pemerintah dan semua pihak dalam bingkai kebangsaan agar mereka tetap mempunyai kecintaan pada Tanah Air, sehingga nantinya mereka tidak mudah terpapar dengan nilai-nilai yang berpotensi pada tindakan radikalisme yang rentan terjadi pada kondisi dan lingkungan mereka," ujar Irsyad.

Tim UNM menekankan kegiatan seperti ini sangat penting untuk tetap dilakukan bagi kalangan akademik dalam kolaborasi internasional sesuai tuntutan kampus merdeka. Selain itu, kolaborasi internasional sangat penting untuk mengembangkan wawasan dan karakter bagi para dosen dalam  menanamkan semangat dan nilai-nilai kebersamaan, kemandirian, etos kerja, dan tanggung jawab.

Baca juga: Pendidikan Tinggi Harus Optimistis Bangun Indonesia Maju

Pada kesempatan ini dijajaki pula kolaborasi lainnya yakni dengan Universiti Malaya untuk kegiatan serupa demi meningkatkan kerja sama internasional sesama universitas. 

Sanggar Bimbingan (SB) Sentul adalah salah satu SB yang didirikan untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak Indonesia yang bertempat tinggal di sekitar wilayah Kg Chubadak Hilir, Sentul Pasar, Kuala Lumpur. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat