visitaaponce.com

Hari Anak Nasional, Ajari Si Kecil Pola Hidup Sehat Secara Menyenangkan

Hari Anak Nasional, Ajari Si Kecil Pola Hidup Sehat Secara Menyenangkan
Meningkatkan kesehatan anak dapat dimulai dengan menggencarkan promosi pola hidup sehat untuk si kecil dan keluarga.(Ist/Freepik)

SEJALAN dengan tema Hari Anak Nasional tahun ini, “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”, melindungi anak dari berbagai unsur yang dapat mengganggu kesehatannya merupakan investasi bagi masa depan bangsa.

Anak yang sehat akan mampu menyerap pelajaran dengan baik dan pada saat dewasa dapat bekerja lebih produktif sehingga meningkatkan derajat kehidupan mereka.

Dikutip dari Asian Development Bank (ADB), keuntungan jangka panjang investasi pada kesehatan anak adalah peningkatan proporsi penduduk yang bertahan hingga usia kerja yang akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: JCDC Bantu Penuhi Hak Anak untuk Berkembang Secara Maksimal

Menurut Laporan “Situasi Anak di Indonesia” dari UNICEF, sepertiga populasi Indonesia terdiri dari anak-anak dengan total sekitar 80 juta anak di Indonesia—populasi anak terbesar keempat di dunia. 

Jumlah sebesar ini dapat menjadi modal bagi pembangunan bangsa apabila mereka sehat atau justru sebaliknya menjadi beban bagi negara apabila mereka sakit.

Namun, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan terjadi peningkatan keluhan kesehatan anak Indonesia dalam sebulan terakhir pada 2022 dibandingkan tahun 2021.

Pada 2022, terdapat 28,81% anak di Indonesia yang mempunyai keluhan kesehatan dalam sebulan terakhir. Persentase tersebut meningkat 4,13% dibanding tahun sebelumnya (24,68%).

Baca juga: Putus Rantai Kekerasan pada Anak, Ilmu Parenting Harus Dimiliki oleh Orang Tua

Meningkatkan kesehatan anak dapat dimulai dengan menggencarkan promosi pola hidup sehat untuk si kecil dan keluarga dengan cara yang unik dan menyenangkan.

Memanfaatkan momentum Hari Anak Nasional, Good Doctor berkolaborasi dengan Jakarta Escape menyelenggarakan seminar parenting dan aktivitas seru bersama anak di tengah lingkungan bernuansa alam yang asri.

Melalui acara ini, generasi milenial dengan buah hati mereka diajak melepaskan diri sejenak dari kepenatan kehidupan perkotaan yang riuh dan memperoleh pengetahuan serta pengalaman yang bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil dari para dokter spesialis dan stand-up comedian.

Tempat wisata Jakarta Escape Citypark yang berada di Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi.tidak hanya menjadi tempat seminar.

Di area hijau yang luas dan asri ini, anak dan orang tua dapat menghirup udara segar dan melakukan berbagai kegiatan seru seperti mengendarai ATV dan sepeda listrik, kulineran di Sunday Market, berkuda, berenang, animal feeding, naik beca, atau sekadar duduk bersantai dan berjalan-jalan dengan keluarga sambil mendengarkan live music yang hanya ada saat akhir pekan.

Baca juga: Anugerah KPAI 2023, Gugah Kesadaran Perlindungan Anak di Semua Lapisan

Rhenald Kasali (RK) Mentee dan Psikolog Jakarta Escape, Galuh Saraswati, mengatakan, “Jakarta Escape merupakan salah satu bagian dari Rumah Perubahan yang bertujuan untuk membentuk masyarakat yang berani menata hidup di hari esok menjadi lebih baik daripada hari ini."

"Sesuai dengan tujuan itu, kami berharap setelah mengikuti seminar parenting ini, para peserta memperoleh pengetahuan mengenai tumbuh kembang si kecil yang lebih mendalam dari para pakar di Good Doctor dan mulai menerapkannya. Dengan demikian, terjadi perubahan yang lebih baik dalam kehidupan keluarga mereka dan memberikan pengaruh positif kepada lingkungan mereka,” kata Galuh dalam keterangan, Minggu (23/7).  

Tingkarkan Pengetahuan Kesehatan Masyarakat

Chief Medical Officer PT Good Doctor Technology Indonesia, dr. Adhiatma Gunawan, mengatakan, “Seminar parenting milenial ini merupakan salah satu inisiatif yang kami lakukan untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan masyarakat."

:Dalam acara edukasi kesehatan ini, dokter spesialis anak dan kedokteran olahraga kami akan memaparkan nutrisi dan aktivitas yang sesuai dengan kebutuhan anak usia 0–12 tahun. Untuk memenuhi kebutuhan kesehatan anak dan keluarga secara lebih mendalam lagi," kata dr.Adhiatma.

"Kami juga menyediakan klinik spesial kesehatan perempuan, hamil sehat, program hamil, tentang menyusui, tubuh sehat, spesialis gizi klinis serta spesialis kebidanan dan kandungan dalam platform kami. Dengan demikian, masyarakat dapat melakukan telekonsultasi dengan mudah, tidak dibatasi tempat dan waktu,” jelasnya.

Baca juga: Bermain Bersama Keluarga Bisa Cegah Anak Ketergantungan pada Gawai

"Selain menerapkan pola hidup sehat yang diperoleh dari seminar parenting ini, orang tua sebaiknya tetap memperhatikan kesehatan mereka juga," kata dr.Adhiatma.

"Tidak jarang akibat terlalu fokus mengurus si kecil, orang tua kerap mengabaikan kesehatan mereka sendiri. Padahal, untuk membesarkan anak-anak yang sehat, dibutuhkan orang tua yang sehat. Menjaga kesehatan orang tua dan anak tidak sulit untuk dilakukan, asalkan konsisten menerapkannya dalam keseharian," jelasnya.

Namun, ada satu hal terkait kesehatan anak dan orang tua yang kerap terlupakan, yaitu memastikan seluruh anggota keluarga memiliki asuransi kesehatan.

Faktanya, memiliki asuransi kesehatan untuk seluruh anggota keluarga merupakan pilihan bijak karena kondisi sakit sering kali terjadi di waktu yang tidak terduga dan biaya kesehatan yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Miliki Asuransi Bisa Minimalisasi Pengobatan 

"Dikutip dari gooddoctor.co.id, dengan memiliki asuransi kesehatan, biaya pengobatan bisa diminimalisasi karena kita sudah memiliki tabungan setiap bulannya. Asuransi kesehatan juga memudahkan kita untuk memperoleh fasilitas kesehatan terbaik," terang dr.Adhiatma.

Baca juga: Sambut Hari Anak, Penting Orangtua Jalin Aktivitas Bareng Buah Hati

Untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga, Asuransi AXA Good Health menawarkan premi yang sangat terjangkau dan sesuai dengan gaya hidup masa kini yang mengutamakan kemudahan, kenyamanan, dan kecepatan.

Mulai dari kemudahan pembelian asuransi ini, akses layanan telekonsultasi dengan dokter umum dan spesialis, pembelian dan pengantaran obat, semuanya dilakukan melalui aplikasi Good Doctor, layanan kesehatan berupa rujukan langsung, rawat jalan tatap muka dan fasilitas rawat inap di rumah sakit mitra di seluruh Indonesia hingga kemudahan proses klaim dengan sistem nontunai.

"Asuransi yang mengintegrasikan layanan rawat jalan Online-to-Offline (O2O) ini hanya tersedia di aplikasi Good Doctor. Dengan Asuransi AXA Good Health, pada saat ada anggota keluarga yang merasakan gejala, mereka dapat langsung berkonsultasi online di aplikasi Good Doctor 24 jam setiap hari," para dr.Adhiatma. (Nik/S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat