visitaaponce.com

Kemenpora Gelar Pelatihan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga

Kemenpora Gelar Pelatihan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga
Pelatihan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT) yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga.(DOK IST)

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga menggelar Pelatihan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT) dengan tema Membentuk generasi emas Indonesia tahun 2045. Acara yang masuk edisi ke-9 itu dihelat di Malang, Jawa Timur pada Kamis (3/8).

Acara dibuka oleh Asisten Deputi Bidang Kepemimpinan Pemuda Subroto. Para peserta kegiatan berjumlah 100 orang yang terdiri dari unsur Pemuda Kota Malang yaitu Pemuda Muhammadiyah, Karang Taruna, Posyandu dan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Budi Utomo.

PKPRT merupakan program prioritas nasional dan tercantum dalam Rencana Strategi Kemenpora Tahun 2020-2024 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yakni tentang Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Daya Saing, Program dan Kegiatan Prioritas (PP-5) yakni kualitas anak, perempuan dan pemuda.

Baca juga: Mengenal Tokoh Sumpah Pemuda yang Terlibat dalam Penyusunan Teks

Dalam pelatihan tersebut, para peserta diberikan materi tentang Perencanaan/Pengelolaan Keuangan Keluarga, Hukum Perkawinan, Psikologi Keluarga, Pola Pengasuhan Anak dan Kesehatan Reproduksi.

“Kota Malang adalah kota yang pertumbuhan ekonomi kreatif yang tinggi. Akan tetapi, pertumbuhan ini juga dibarengi dengan masalah sosial dikalangan pemuda seperti tawuran, perceraian, hubungan diluar pernikahan ataupun perilaku seks menyimpang. Hal ini terjadi karena salah satu faktornya adalah orang tua sebagai pilar rumah tangga tidak tepat sasaran dalam pemberian materi ke anak sebagai bekal mereka dalam membentuk karakter anak dikarenakan minimnya literasi tentang bagaimana menjadi pemimpin dalam rumah tangga yang dapat menganyomi dan cara membentuk karakter anak yang tepat sasaran," tutur Subroto.

Baca juga: Hasil Kongres Pemuda 1 dan 2 dan Sejarahnya

"Oleh karena itu Kemenpora fokus pada pengembangan pemuda dengan diberi dorongan aktualisasi dan stimulasi melalui program PKPRT yang diharapkan dapat menciptakan keluarga dan masyarakat yang harmonis," sambung dia.

Dalam PKPRT dihadirkan narasumber dengan materi Psikologi Keluarga oleh Dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Zainul Anwar, Materi Hukum Perkawinan oleh Sarmuji Materi Manajemen Pengelolaan Keuangan dalam Keluarga oleh Motivator Financial Relationship Bank Mandiri Malang Aditya Permana serta Pengasuhan Anak Berkualitas oleh Lutfi Chumaidi. (Kemenpora/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat