visitaaponce.com

Kiat Memilih Perangkat Rumah Tangga Modern

Kiat Memilih Perangkat Rumah Tangga Modern
Cooker hood (pengisap asap) yang ditampilkan di Bosch Home Experience Center IDD ini membuat dapur lebih rapi.(Dok. MI)

RUMAH yang nyaman merupakan kebutuhan setiap orang. Bagaimana tidak? Rumah menjadi tempat beristirahat setelah seharian bekerja. Rumah juga menjadi ruang bagi anak-anak untuk bertumbuh kembang. Lebih dari itu, rumah adalah tempat keluarga menjalin kebersamaan.

Ada sejumlah faktor yang jadi penentu kenyamanan sebuah rumah. Salah satunya adalah ketersediaan perangkat rumah tangga yang menunjang berbagai keperluan sehari-hari, seperti kulkas, kompor, oven, dan mesin cuci, dan pengering pakaian.

Bagaimana langkah memilih perangkat rumah tangga tersebut? Berikut penjelasan sejumlah narasumber dalam talkshow pembukaan Bosch Home Experience Center di Indonesia Design District (IDD), Pantai Indah Kapuk 2, Jakarta, Rabu (3/7/22024).

Baca juga : Erafone and More Buka Cabang Baru di EDC PIK 2

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Kreator konten home & living, Rayssa Dynta, mengungkapkan, saat ini banyak perangkat rumah tangga yang dilengkapi dengan teknologi canggih. Fungsi dan fitur perangkat tersebut patut menjadi pertimbangan utama untuk menciptakan kenyamanan rumah. Pertimbangkan baik-baik, jika memang sesuai dengan kebutuhan, jangan ragu untuk memilihnya.

“Sekarang banyak rumah yang tidak memiliki ART (asisten rumah tangga). Sehingga, hampir semua pekerjaan rumah tangga dikerjakan sendiri. Nah, dengan memiliki perangkat yang bisa membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, tentu akan sangat meringankan beban kita. Contohnya, mesin cuci piring, bagi saya keberadaannya sangat membantu dan termasuk perangkat yang sering dipakai,” tuturnya.        

Pertimbangkan Faktor Desain

Di era sekarang, semakin banyak rumah yang menggunakan konsep open space. Konsep ini menggabungkan beberapa fungsi dalam satu ruangan. Misalnya, dapur digabung dengan ruang makan, atau bahkan dengan ruang keluarga. Konsep ini sangat bermanfaat untuk menyiasati keterbatasan ruang di rumah yang tidak terlalu luas.

Baca juga : Bathtub Berwarna dan Berteknologi Awet Panas Hadir di Indonesia

Konsekuensinya, pemilihan perangkat rumah tangga perlu mempertimbangkan faktor estetika agar ruangan tetap harmoni, nyaman dipandang. “Dengan konsep open space, posisi dapur tidak harus di bagian belakang rumah, bisa saja di tengah. Nah, agar tetap terlihat rapi, apalagi ketika ada tamu, pemilihan peralatan dapur seperti kompor, pengisap asap, oven, microwave, dan kulkas perlu mempertimbangkan faktor estetika. Desain yang simpel dan elegan bisa menjadi pilihan,” terang Rayssa.

Perhatikan Garansi dan Layanan Purnajual

Harga perangkat rumah tangga modern dengan fitur-fitur canggih umumnya tidak murah. Namun tentu saja, harga itu sepadan dengan ragam manfaat yang diberikan. Satu hal yang perlu dipastikan, ketika membeli peralatan rumah tangga, kita perlu memahami fitur dan cara penggunaannya. Hal itu tidak hanya untuk memaksimalkan fungsinya, tetapi juga menjaga keawetannya dengan penggunaan yang benar.

Selain itu, kita juga perlu memastikan cakupan dan periode garansi. Lalu, yang juga tak kalah penting adalah memastikan bahwa produsen/penjual memiliki layanan purnajual yang baik. Sebab, meski kita sudah menggunakan alat sesuai prosedur yang benar, ada kalanya terjadi kerusakan yang membuat alat tak bisa dipakai. Jadi, sebelum membelinya, kita perlu mencari tahu seperti apa layanan purnajual yang diberikan penjual/produsen.

Baca juga : Perempuan Ikut Berperan Tingkatkan Ekonomi Rumah Tangga

Manfaatkan Layanan Home Experience

Salah satu cara paling mudah dalam memilih dan membeli peralatan rumah tangga modern ialah dengan mengunjungi toko berkonsep home experience. Sebab, sesuai namanya, toko ini memungkinkan kita untuk melihat dan mencoba sendiri peralatan yang akan kita beli. Sehingga, kita bisa mendapatkan gambaran yang pasti mengenai penggunaannya.

Salah satu toko yang menerapkan konsep tersebut adalah Bosch Home Experience Center di kawasan IDD, Jakarta. Presiden Direktur Bosch Home Appliances Indonesia, Anil Narula, mengatakan, Bosch Home Experience Center IDD dapat membantu pelanggan menghemat waktu untuk mendapatkan produk rumah tangga sesuai kebutuhan.

“Home Experience Center ini dirancang untuk memberikan pengalaman interaktif bagi pelanggan. Di fasilitas ini, mereka dapat melihat, menyentuh, dan mencoba berbagai peralatan rumah tangga dengan teknologi tinggi, desain inovatif, dan fitur ramah lingkungan,” ujar Anil. (B-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eni Kartinah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat