visitaaponce.com

Kader Kesehatan Desa Cisalak Antusias Dibekali Edukasi Jantung Koroner

Kader Kesehatan Desa Cisalak Antusias Dibekali Edukasi Jantung Koroner
Pelatihan kader tentang penyakit jantung koroner(Dok. Ist)

PULUHAN kader kesehatan dari Desa Cisalak, Depok mendapat kesempatan meningkatkan pengetahuan dan pelatihan tentang Penyakit Jantung Koroner (PJK). Pelatihan ini sekaligus perawatannya saat dirumah menggunakan aplikasi smartphone.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat FIKUI Setyowati mengatakan, peningkatan kapasitas kader kesehatan melalui pelatihan sangatlah penting untuk memberikan pengetahuan tentang PJK dan perawatannya kepada masyarakat. Sehingga, diharapkan dapat menekan angka kejadian PJK dan mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut bagi masyarakat penderita.

“Saya sebagai ketua pengabdian bersama empat orang onggata mengemas pelatihan melalui pendekatan teknologi. Ini merupakan cara mempermudah kader dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dan menyikapi masyarakat untuk ‘Melek Teknologi,” kata dia dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (6/8)

Baca juga: Kawasan Industri Batang-Kemenaker Gelar Pelatihan Kompetensi Operator Garmen

Menurut dia, pelatihan dilakukan pada bulan Agustus 2023 dengan memberdayakan kader kesehatan yang terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah kader Kesehatan diberikan pelatihan dalam mengoperasionalkan penggunaan aplikasi beserta isi informasi kesehatan PJK yang ada di dalam smartphone tersebut.

Pada tahap kedua, tim pengabdi melakukan pendampingan dengan meminta kader Kesehatan melakukan edukasi kepada warga binaan. Nantinya, masing-masing kader melakukannya pada 5-10 warga binaannya yang diberikan selama dua minggu. 

Baca juga: Bantu UMKM Bersaing, Sukarelawan Ini Gelar Pelatihan Kemasan Produk di Sukabumi

“Terakhir dievaluasi kegiatan, Hasil kegiatan ini antara lain adalah peningkatan pengetahuan warga binaan tentang PJK dan perawatannya yang diukur dengan kuesioner pre test dan post test,” jelas dia. 

Selama kegiatan pelatihan, materi serta praktik dan evaluasi Kegiatan diberikan oleh Spesialis Keperawatan Medikal Bedah dengan kekhususan jantung,” tandas dia. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat