visitaaponce.com

ABC Heinz Edukasi Masyarakat soal Keamanan Pangan

ABC Heinz Edukasi Masyarakat soal Keamanan Pangan
Acara Ngobrol Baik Bareng ABC yang bertema 'Mengenal Proses Pembentukan Peraturan Produk Pangan Olahan di Indonesia', Selasa (8/8) (ABC Heinz)

PERAN aktif perusahaan pangan terhadap edukasi keamanan produk pangan olahan dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan dan kepercayaan publik. Sebab, di era digital segala informasi bisa ditemukan tanpa batas. 

General Counsel, Head of Corporate & Regulatory Affairs Kraft Heinz Indonesia & Papua New Guinea Mira Buanawati mengatakan, edukasi terhadap masyarakat telah pihaknya lakukan secara berkala. Tujuannya agar konsumen lebih mengenal dan mendapatkan pemahaman mendalam seputar perkembangan industri makanan. 

“Ini dilakukan untuk  memastikan para konsumen semakin teredukasi, hingga pada akhirnya, secara bersama-sama kita semua dapat meningkatkan kepercayaan terhadap produk-produk pangan olahan di Indonesia, termasuk produk ABC,” ungkap Mira dalam acara Ngobrol Baik Bareng ABC yang bertema “Mengenal Proses Pembentukan Peraturan Produk Pangan Olahan di Indonesia”, Selasa (8/8).

Baca juga: Wujudkan Inklusivitas, PT Heinz ABC Siapkan Pelajar SLB Jadi Pelaku Bisnis Kuliner

Menurut dia, sebagai produsen produk pangan olahan di Indonesia, PT Heinz ABC Indonesia tidak hanya berkomitmen untuk menghadirkan produk yang aman dan berkualitas. Namun, juga ikut mengambil bagian dalam tanggung jawab terhadap penyebaran informasi yang benar.

Direktur Standardisasi Pangan Olahan BPOM Anisyah mengatakan, pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling hakiki. Di mana pemenuhannya merupakan bagian dari HAM yang dijamin dalam UUD 1945, sebagai dasar mewujudkan SDM yang berkualitas.

Baca juga: Stok Bahan Pangan Nasional Aman Hingga Akhir 2023

“Kami, BPOM RI, sebagai otoritas pengawas keamanan pangan olahan di Indonesia akan selalu memastikan setiap tahapan, mulai dari perencanaan, penyusunan, hingga penetapannya, diselenggarakan secara benar,” ujar Anisyah. 

Menurut dia, saat ini kesadaran konsumen terhadap keamanan, mutu dan manfaat pangan makin meningkat. Apalagi didorong dengan pesatnya perkembangan teknologi pangan yang menghadirkan banyak inovasi produk makanan baru. 

Konsultasi Anggota Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (Gapmmi) Tetty H Sihombing mengatakan, salah satu tantangan nyata, khususnya di era digital saat ini adalah setiap orang dapat mencari dan berbagi informasi tanpa batas. Termasuk dalam menilai keamanan, mutu dan manfaat pangan dari produk yang dikonsumsinya.

“Setiap konsumen berhak mendapatkan informasi yang tepat, dari sumber yang kredible, karenanya diperlukan upaya bersama untuk terus mendorong edukasi dan penyebaran informasi secara terintegrasi,” tutup dia. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat