visitaaponce.com

Rayakan Hari Kemerdekaan Sembari Tingkatkan Kesehatan Karyawan

Rayakan Hari Kemerdekaan Sembari Tingkatkan Kesehatan Karyawan
Ilustrasi. Lomba tarik tambang antar-karyawan untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI.(Ist)

DUA hari lagi banga Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan. Perayaan momen penting ini terasa semakin meriah dengan digelarnya berbagai lomba termasuk di kantor-kantor.

Dilansir dari gooddoctor.co.id, beberapa lomba Agustusan seperti tarik tambang, lomba bakiak, dan balap karung ternyata bermanfaat bagi kesehatan.

Lomba Peringati HUT RI Menyehatkan

Gerakan dalam tarik tambang sangat baik untuk melatih kekuatan otot di lengan, seluruh bagian tangan, dan kaki, meningkatkan kekuatan pada genggaman tangan, serta meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang sehingga membantu mengurangi risiko osteoporosis pada tulang.

Baca juga: Olahraga dan Cukup Nutrisi Cegah Osteoporosis

Permainan bakiak dapat melatih konsentrasi otak, menciptakan suasana hati yang lebih baik, melatih motorik kasar dengan menggunakan otot-otot besar untuk menggerakkan tubuh, dan melatih keseimbangan tubuh sehingga tidak mudah terjatuh.

Balap karung sangat baik untuk melatih otot lengan, bahu, dada, betis, meningkatkan koordinasi serta keseimbangan tubuh.

Gerakan melompat dalam balap karung dapat meningkatkan kekuatan dan diameter tulang sehingga menjadi salah satu cara yang efektif untuk mencegah osteopenia atau pengeroposan tulang pada kelompok usia yang lebih muda.

Baca juga: Olahraga yang Tepat dan Teratur Bikin Jantung Lebih Sehat dan Kuatkan Imun Tubuh

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, permainan yang diadakan di ruang terbuka ini akan menghilangkan kejenuhan dari rutinitas pekerjaan dan meningkatkan rasa kebersamaan.

Dalam lomba tarik tambang dan bakiak yang dilakukan secara beregu, setiap individu harus fokus menerima instruksi dari anggota tim lain untuk melakukan gerakan yang seirama demi mencapai kemenangan.

Lomba Bisa Meredakan Ketegangan dan Menyegarkan Tubuh 

Bagi karyawan, lomba 17 Agustus tidak sekadar selingan yang menyenangkan, tetapi kegiatan-kegiatan itu dapat meredakan ketegangan sekaligus menyegarkan tubuh dan jiwa sebelum kembali bekerja, meningkatkan komunikasi dan menguatkan kerja sama di tempat kerja. 

Baca juga: Budayakan Gaya Hidup Sehat dan Aktif, Herbalife Gelar Herbalife Run 2023 

Sebagai divisi yang berperan dalam mengelola sumber daya manusia, human resources (HR) dapat memanfaatkan lomba-lomba Agustusan itu untuk meningkatkan kesehatan para karyawan dan keterlibatan karyawan (employee engagement) terhadap pekerjaan dan perusahaan.

Kesejahteraan Mental dan Fisik Karyawan Tingkatkan Produktivitas

Dikutip dari platform pelatihan untuk transformasi perusahaan BetterUp, kesejahteraan mental dan fisik berkaitan erat dengan produktivitas. Karyawan dengan kesehatan fisik, mental, dan emosi yang kuat akan bekerja dengan potensi mereka secara optimal.

Kesehatan karyawan juga menunjukkan bahwa perusahaan menghargai mereka. Penghargaan ini menjadi suatu cara untuk meningkatkan employee engagement.

Organisasi dengan employee engagement yang tinggi akan memiliki keterlibatan pelanggan (customer engagement) yang berkualitas lebih tinggi, produktivitas yang lebih kuat, dan profitabilitas hingga 21% lebih tinggi.

Baca juga: Kebahagiaan Dapat Tingkatkan Kesehatan Mental dan Fisik

Perayaan Hari Kemerdekaan selesai tidak berarti program kesehatan karyawan selesai. Untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan karyawan dengan cara yang menyenangkan dan terjangkau,

HR dapat memanfaatkan program kesehatan yang dirancang secara khusus oleh Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) untuk mitra korporasinya.

VP of HRGA PT Good Doctor Technology Indonesia, Mirzan, mengatakan, “Good Doctor menyadari bahwa kesehatan karyawan yang terjaga akan terkait erat dengan peningkatan angka produktivitas di tempat kerja."

Baca juga: Ini Daftar Tes Saat Medical Check Up dan Hal yang Dilakukan Sebelumnya

"Sebagai bisnis, Good Doctor telah menjalankan tanggung jawabnya dengan menerapkan Tata Laksana Kesehatan Populasi (Population Health Management) untuk para karyawan sejak mereka bergabung dengan kami," kata Mizan dalam keterangan, Selasa (15/8).

"Dengan demikian, kami dapat mengidentifikasi kebutuhan kesehatan para karyawan sehingga dapat memberikan perawatan khusus yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka sekaligus mengatasi biaya kesehatan yang terus meningkat," jelasnya.

"Memanfaatkan momentum Hari Kemerdekaan dan sebagai bagian dari bangsa ini, kami ingin agar semakin banyak perusahaan merasakan manfaat dari penerapan Population Health Management untuk karyawan mereka," ucap Mizan.

"Oleh karena itu, sekalipun kami telah bermitra dengan ribuan perusahaan, kami terus memperluas dan memperkuat kemitraan Business-To-Business (B2B) dengan perusahaan yang berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan karyawan mereka,” terangnnya.

Tata Laksana Kesehatan Populasi (Population Health Management) yang ditawarkan Good Doctor merupakan program kesehatan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental karyawan.

Program-program kesehatan itu adalah medical check-up, kesehatan mental, penurunan berat badan, pencegahan diabetes dan penyakit kronis lainnya yang disebabkan gaya hidup tidak sehat serta berbagai program kesehatan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan mitra. 

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tinjauan sistematis terhadap 56 studi yang diterbitkan tentang program kesehatan di tempat kerja menunjukkan bahwa program kesehatan di tempat kerja yang diterapkan dengan baik dapat menghasilkan penghematan masing-masing 25% untuk biaya absensi, biaya perawatan kesehatan, dan biaya kompensasi pekerja serta klaim manajemen kecacatan. (RO/S-4)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat