visitaaponce.com

Perayaan HUT ke-78 RI, Rektor Untar Gelorakan Semangat Nasionalisme

Perayaan HUT ke-78 RI, Rektor Untar Gelorakan Semangat Nasionalisme
Ilustrasi(DOK Untar)

REKTOR Universitas Tarumanagara (Untar) Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan memompa semangat cinta tanah air atau nasionalisme bagi ribuan mahasiswa baru. Para generasi muda penerus bangsa ini mendapat pembekalan pendidikan mental kebangsaan selama tiga hari dengan pamungkas acara peringatan HUT RI ke 78 sehingga visi ke Indonesiaan mereka miliki saat mulai masuk perkuliahan.

"Melalui peringatan HUT RI ke 78 di kampus Untar bersama 3.500 mahasiswa baru kami gelorakan semangat nasionalisme, kita refleksi nilai-nilai kemerdekaan yang sudah diperjuangkan para pahlawan .Lalu kontribusi kita sebagai generasi muda penerus bangsa dalam mengisi kemerdekaan demi tercapainya Indonesia emas di tahun 2045," kata Agustinus Purna Irawan didampingi unsur TNI/ Polri usai upacara HUT RI ke-78 di kampus Untar, Jakarta, Kamis (17/8).

Rektor juga mengingatkan tantangan semangat kemerdekaan di era global dewasa ini serta tantangan media sosial (medsos). "Di era global dan era medsos dengan keterbukaan luar biasa besar, arus budaya dari luar, tidak sengaja atau di sengaja semuanya bisa mempengaruhi nilai- nilai ke Indonesiaan, nilai- nilai cinta tanah air itu," tegasnya

Karena itu, pihaknya terus berusaha memberikan penguatan terhadap individu-individu untuk siap menghadapi tantangan serta pengaruh budaya luar yang luar biasa deras masuk, dengan menanamkan nilai-nilai kebangsaan.

Rektor juga menyampaikan amanat Mendikbudristek bahwa Kemendikbudristek selama empat tahun ini menerapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) khususnya untuk pendidikan tinggi. "Kementerian melakukan evaluasi bahwa ada sekian banyak yang terlibat dan itu sudah membuat situasi pendidikan Indonesia jauh lebih baik, nah itu yang disampaikan pak Menteri," ungkap Agustinus.

Dalam kesempatan sama, Letnan Kolonel Harry Ismail mewakili TNI mengapresiasi kampus Untar dalam memupuk semangat nasionalisme mahasiswa. "Upacara HUT ke-78 RI di Untar ini merupakan bentuk kolaborasi sinergitas yang baik. Apalagi dimomen bersejarah ini. Kampus ini sudah menerapkan dan terus mengaplikasikan nilai-nilai historical bangsa, sejarah perjuangan, menerapkan disiplin,dan lain lain yang penting di dunia pendidikan," tandasnya. (RO/R-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat