visitaaponce.com

Lirik Lagu Maju Tak Gentar Ciptaan C. Simanjuntak dan Maknanya

Lirik Lagu Maju Tak Gentar Ciptaan C. Simanjuntak dan Maknanya
Lirik lagu Maju Tak Gentar(Ist)

LAGU nasional yang diciptakan C. Simanjuntak dengan judul Maju Tak Gentar merupakan salah satu lagu nasional yang sering dinyanyikan pada momen tertentu. Lagu ini menceritakan tentang upaya dan pengorbanan para pahlawan yang berjuang demi kemerdekaan tanah air.

Selain lagu Maju Tak Gentar, terdapat lagu wajib nasional lainnya, yakni Indonesia Raya, Bangun Pemuda Pemudi, Bagimu Negeri, Mengheningkan Cipta, Tanah Airku, dan masih banyak lainnya.

Namun, apakah kalian mengetahui lirik, awal tercipta, dan maksud dari lagu Maju Tak Gentar yang diciptakan oleh C. Simanjuntak? Yuk simak penjelasan dibawah ini!

Baca juga: Lirik dan Makna Lagu Berkibarlah Benderaku

Lirik lagu Maju Tak Gentar

Maju tak gentar
Membela yang benar
Maju tak gentar
Hak kita diserang

Maju tak serentak
Mengusir penyerang
Maju serentak
Tentu kita menang

Baca juga: Lirik Lagu Bangun Pemudi Pemuda, Makna dan Sejarahnya

Bergerak bergerak
Serentak serentak
Menerkam menerjang

Tak gentar tak gentar
Menyerang menyerang
Majulah majulah menang

Terciptanya lagu Maju Tak Gentar

Mengutip buku Ketidakstabilan Elektoral dan Kehancuran Politik Aliran oleh Nurjaman (2013), Lagu ini berawal dari bentuk propaganda Asia Timur Raya dan hasil propaganda dari pemerintah Jepang dan Indonesia yang berjudul Maju Putera-Puteri Indonesia yang diciptakan Cornel Simanjuntak pada 1944.

Kemudian, pada 1945 Cornel Simanjuntak mengubah judul lagu tersebut menjadi Maju Tak Gentar dengan landasan yang memiliki pengalaman sebagai pejuang. Berkat jasa tersebut, ia pun memperoleh kehormatan piagam Satya Lencana Kebudayaan yang setingkat dengan Bintang Gerilya. C. Simanjuntak juga berusaha untuk membangkitkan pejuang lain di tengah pergolakan.

Diketahui, C. Simanjuntak merupakan pemimpin dari Angkatan Pemuda Indonesia (API) cabang Tanah Tinggi yang bermarkas di Menteng 31. Ia bersama para pemuda aktif lainnya tengah berusaha untuk memberi penerangan tentang makna dari kemerdekaan kepada masyarakat di Karawang hingga kota lainnya.

Makna lagu Maju Tak Gentar

Tercipta lagu wajib nasional ini guna untuk memotivasi semangat rakyat dalam membela tanah air. Lagu Maju Tak Gentar menggambarkan keberanian rakyat Indonesia dengan perlengkapan seadanya untuk melawan penjajah Belanda yang memiliki senjata lengkap serta modern pada waktu itu.

Ketika masa penjajahan, para pejuang hanya bermodalkan bambu runcing sedangkan Belanda menggunakan meriam tembak, bom, dan lainnya. Meski hanya dengan strategi seadanya, mereka tak gentar terhadap para penjajah.

Dalam lagu ini terkandung ekspresi kemerdekaan, seperti perasaan pejuang, nasionalisme, dan persatuan. Melodi lagu ini cukup sederhana dan dapat dengan mudah dinyanyikan oleh anak-anak untuk menghargai dan mengingat jasa para pahlawan ketika melawan penjajah. (Z-10)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat