visitaaponce.com

7 Lagu Nasional beserta Lirik untuk Hari Pahlawan 10 November

7 Lagu Nasional beserta Lirik untuk Hari Pahlawan 10 November
Ilustrasi(MI/Susanto)

Setiap tanggal 10 November, Indonesia merayakan Hari Pahlawan Nasional sebagai penghormatan terhadap para pejuang yang gigih dalam merebut kemerdekaan, terutama dalam pertempuran heroik antara rakyat Surabaya dan penjajah. Momentum ini menjadi panggilan untuk merefleksikan pengorbanan besar para pahlawan yang telah menumpahkan darah, keringat, dan air mata demi kemerdekaan yang kita nikmati saat ini.

Melalui peringatan Hari Pahlawan, kita diingatkan bahwa tanpa dedikasi dan pengorbanan para pahlawan, mungkin kita tidak dapat menikmati hak merdeka sebagaimana yang kita rasakan sekarang. Ada berbagai cara untuk menghormati dan mengenang mereka, salah satunya adalah melalui musik. Mendengarkan dan menyanyikan lagu-lagu wajib nasional tidak hanya menjadi bentuk penghormatan, tetapi juga sarana untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air.

Di Hari Pahlawan Nasional, membuat playlist khusus yang berisi lagu-lagu wajib nasional dengan lirik yang mengesankan dapat menjadi cara yang sangat bermakna. Playlist ini tidak hanya membangkitkan kenangan akan jasa para pahlawan, tetapi juga menjadi bentuk apresiasi terhadap kekayaan budaya dan sejarah Indonesia. Dengan membagikan daftar lagu ini, kita dapat merayakan keberanian pahlawan dan menyebarkan semangat persatuan kepada generasi-generasi mendatang.

Baca juga: Profil 6 Pahlawan Nasional Terbaru, Ada Ratu Kalinyamat dan KH Ahmad Hanafiah

Berikut kami bagikan beberapa lagu nasional beserta liriknya..

1. Pahlawan Merdeka

Lagu Pahlawan Merdeka, ciptaan Wage Rudolf Soepratman atau yang lebih dikenal sebagai W.R. Supratman, sosok yang turut menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya, merupakan sebuah karya yang tak hanya membangkitkan semangat patriotisme, tetapi juga menjadi nyanyian penghormatan bagi pahlawan nasional. W.R. Supratman sendiri, atas jasanya dalam menyumbangkan lagu-lagu yang memotivasi semangat perjuangan, telah diakui dan diberikan gelar sebagai Pahlawan Nasional.

Dalam melodi dan liriknya, Lagu Pahlawan Merdeka merangkai kisah yang mendalam tentang pengorbanan dan jasa para pahlawan yang bersedia mengorbankan nyawa demi membela tanah air tercinta, Indonesia. Meskipun fisik mereka telah berpulang, namun semangat dan pengabdian mereka akan selalu abadi dan dikenang oleh generasi-generasi penerus.

Setiap bait dari Lagu Pahlawan Merdeka menjadi lirik yang sarat makna, menggambarkan keteguhan jiwa para pahlawan yang tak kenal lelah dalam menghadapi tantangan demi kemerdekaan. Melalui lagu ini, kita diingatkan akan perjuangan yang gigih, serta keberanian mereka yang menjadi tiang penyangga kemerdekaan yang kita nikmati hingga saat ini. Sebuah karya seni yang menjadi lambang penghargaan terhadap pahlawan dan warisan berharga bagi bangsa Indonesia.

Berikut lirik lagu Pahlawan Merdeka:

Pahlawan merdeka yang gugur sebagai bunga
Jatuh mewangi di atas pangkuan ibunda
Walaupun kamu telah gugur menjual nyawa
Namamu tercatat jatuh sebagai satria

Kesuma yang indah
Oh, bunga Negara
Aji jaya sakti nan sejati

Pahlawan merdeka yang pecah sebagai ratna
Terpencar tersebar di bumi Indonesia

2. Mengheningkan Cipta

Lagu nasional berjudul "Mengheningkan Cipta" karya Truno Prawit, merupakan lagu yang mengandung keanggunan harmoni ini kerap mengalun di ruang terbuka saat upacara bendera, menggiring hadirin ke dalam momen solennitas yang penuh makna.

Keistimewaan lagu ini terletak pada kemampuannya menyatu dengan hening, menciptakan jeda emosional yang memungkinkan penghormatan mendalam terhadap perjuangan gagah para pahlawan negara. Sebuah pengalaman auditif yang menggugah untuk merenung dan merayakan warisan berharga yang telah ditinggalkan oleh para pahlawan kita.

Baca juga: KH Abdul Chalim Tokoh NU Majalengka Ditetapkan Sebagai Pahlawan Nasional

Berikut lirik lagu Mengheningkan Cipta:

Dengan seluruh angkasa raya memuji
Pahlawan negara
Nan gugur remaja di ribaan bendera
Bela nusa bangsa

Kau ku kenang wahai bunga putra bangsa
Harga jasa
Kau cahaya pelita
Bagi Indonesia merdeka

3. Maju Tak Gentar

Maju Tak Gentar, sebuah karya yang tak lekang oleh waktu, menciptakan inspirasi bagi para pendengarnya. Dengan lirik yang penuh semangat, lagu ini menggambarkan keberanian dan keteguhan hati para pahlawan dalam melawan penjajah. Pesan yang terkandung dalam lagu ini juga menjadi pengingat bagi generasi muda akan pentingnya semangat kebangsaan dan gotong royong dalam membangun dan mempertahankan Indonesia. Dengan demikian, lagu ini tidak hanya menjadi simbol perjuangan pada masa lalu, tetapi juga menjadi pendorong semangat kebangsaan bagi masa depan.

Berikut lirik lagu Maju Tak Gentar:

Maju tak gentar
Membela yang benar
Maju tak gentar
Hak kita diserang

Maju serentak
Mengusir penyerang
Maju serentak
Tentu kita kita menang

Bergerak bergerak
Serentak serentak
Menerkam menerkam menang
Tak gentar tak gentar
Menyerang menyerang
Majulah majulah menang

4. Gugur Bunga

Lagu Gugur Bunga, karya Ismail Marzuki, memiliki potensi untuk menjadi lagu nasional yang dinyanyikan setiap Hari Pahlawan, karena liriknya memberikan gambaran yang mendalam tentang pengorbanan seseorang yang rela kehilangan sosok pahlawan dalam hidupnya demi Indonesia, sehingga lagu ini tidak hanya menggambarkan kesedihan, tetapi juga keberanian dan semangat patriotisme yang menginspirasi banyak orang.

Berikut lirik lagu Gugur Bunga:

Betapa hatiku takkan pilu
Telah gugur pahlawanku
Betapa hatiku takkan sedih
Hamba ditinggal sendiri

Siapakah kini plipur lara
Nan setia dan perwira
Siapakah kini pahlawan hati
Pembela bangsa sejati

Telah gugur pahlawanku
Tunai sudah janji bakti
Gugur satu tumbuh seribu
Tanah air jaya sakti

Gugur bungaku di taman bakti
Di haribaan pertiwi
Harum semerbak menambahkan sari
Tanah air jaya sakti

5. Bangun Pemudi Pemuda

Lagu Maju Tak Gentar ciptaan Alfred Simanjuntak pada tahun 1943 tidak hanya memberikan pesan semangat kepada para pemuda untuk membangun Indonesia, tetapi juga menjadi simbol keberanian dan persatuan dalam sejarah Indonesia.

Pesan yang terkandung dalam lagu ini menginspirasi generasi muda untuk meneruskan semangat kebangsaan dan semangat gotong-royong yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan masa lalu. Dengan demikian, pembangunan Indonesia bukan hanya menjadi sebuah tugas, tetapi juga sebuah warisan yang harus dijaga dan diteruskan oleh para generasi penerus untuk mewujudkan cita-cita para pahlawan kemerdekaan.

Berikut lirik lagu Bangun Pemudi Pemuda:

Bangun pemudi pemuda Indonesia
Lengan bajumu singsingkan untuk negara
Masa yang akan datang kewajibanmu lah
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa

Sudi tetap berusaha jujur dan ikhlas
Tak usah banyak bicara, terus kerja keras
Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih
Bertingkah laku halus hai putra negeri
Bertingkah laku halus hai putra negeri

6. Berkibarlah Benderaku

Lagu Berkibarlah Benderaku juga cocok diperdengarkan ketika Hari Pahlawan karena lagu ciptaan Saridjah Niung atau dikenal sebagai Ibu Soed ini telah menjadi bagian integral dari sejarah Indonesia, menginspirasi keberanian dan persatuan.

Lagu ini menggambarkan perjuangan para pahlawan yang dengan susah payah mengibarkan bendera Merah Putih di tengah tekanan para penjajah, bahkan harus merelakan nyawa untuk mengibarkan simbol kemerdekaan di berbagai wilayah di Indonesia. Lagu ini menjadi simbol keberanian dan persatuan dalam sejarah Indonesia, menggugah semangat patriotisme dan memperingati pengorbanan para pahlawan, sehingga menjadi sangat relevan untuk diperdengarkan pada Hari Pahlawan.

Berikut lirik lagu Berkibarlah Benderaku:

Berkibarlah benderaku
Lambang suci gagah perwira
Di seluruh pantai Indonesia
Kau tetap pujaan bangsa

Siapa berani menurunkan engkau
Serentak rakyatmu membela
Sang merah putih yang perwira
Berkibarlah selama-lamanya

Kami rakyat Indonesia
Bersedia setiap masa
Mencurahkan segenap tenaga
Supaya kau tetap cemerlang

Tak goyang jiwaku menahan rintangan
Tak gentar rakyatmu berkorban
Sang merah putih yang perwira
Berkibarkah s'lama-lamanya

7. Satu Nusa Satu Bangsa

Lagu Satu Nusa Satu Bangsa karya Liberty Manik, menggambarkan pesan bahwa meskipun perjuangan pahlawan Indonesia terjadi di wilayah masing-masing, mereka memiliki tujuan yang sama, yaitu kemerdekaan Indonesia. Lagu ini menekankan pentingnya kerja sama dalam mencapai tujuan bersama, menyatukan berbagai perjuangan demi satu bangsa yang kuat dan bersatu. Pesan ini secara tidak langsung menyoroti pentingnya kolaborasi dan solidaritas dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Berikut lirik lagu Satu Nusa Satu Bangsa:

Satu nusa
Satu bangsa
Satu bahasa kita

Tanah air
Pasti jaya
Untuk selama-lamanya

Indonesia pusaka
Indonesia tercinta
Nusa bangsa
Dan bahasa
Kita bela bersama


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat