visitaaponce.com

Lirik Lagu Bangun Pemudi Pemuda, Makna dan Sejarahnya

Lirik Lagu Bangun Pemudi Pemuda, Makna dan Sejarahnya
Sebelum bernyanyi, yuk pahami lirik, sejarah, dan makna di balik lagu Bangun Pemudi Pemuda.(Dok. Rumgapres)

SETIAP peringatan hari besar nasional selalu didengarkan lagu nasional. Salah satu lagu nasional yang kerap diperdengarkan ialah Bangun Pemuda Pemudi. 

Lagu karangan Alfred Simanjuntak ini memiliki sarat makna dalam setiap liriknya. Selain itu lagu nasional juga mampu membakar semangat perjuangan dalam diri kita. 

Simak lebih lanjut tentang lirik lagu Bangun Pemuda Pemudi yuk.

Baca juga: Lagu Mengheningkan Cipta, Lirik, Makna, dan Not Pianika

Sejarah 

Salah satu seniman yang menyampaikan gagasan dan pendapat melalui karya adalah Alfred Simanjuntak, mewakili seniman dari suku Batak Toba. Melalui Bangun Pemudi Pemuda, Alfred Simanjuntak secara efektif menginspirasi generasi muda saat itu untuk siap berkorban demi negara. 

Baca juga: Lirik Lagu Berkibarlah Bendera Negeriku dan Penciptanya

Ternyata lagu ini juga berisiko bagi Simanjuntak. Pasalnya kala itu, seniman sering kali dihukum oleh pemerintah Jepang karena karya-karya yang dianggap provokatif atau menginspirasi semangat perlawanan. 

Dua belas tahun yang lalu, dalam sebuah wawancara, Alfred Simanjuntak mengungkapkan mendapat inspirasi untuk melodi dan lirik Bangun Pemudi Pemuda di kamar mandi. Ia segera keluar untuk menulis liriknya di selembar kertas agar tidak terlupa. Dalam waktu singkat, sekitar satu jam, Alfred berhasil menyelesaikan ciptaannya yang berjudul Bangun Pemudi Pemuda. 

Alasan yang ia berikan mengapa "pemudi" mendahului "pemuda" adalah karena menurutnya, peran pemudi lebih mendasar daripada pemuda. Pasalnya, tidak akan ada pemuda tanpa adanya pemudi. Ia juga bermaksud mengubah tradisi di Indonesia yang cenderung lebih mengutamakan peran laki-laki daripada peran perempuan.

Lirik Lagu 

Bangun pemudi pemuda Indonesia
Tangan bajumu singsingkan untuk negara
Masa yang akan datang kewajibanmu lah
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Sudi tetap berusaha jujur dan Ikhlas
Tak usah banyak bicara trus kerja keras
Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih
Bertingkah laku halus hai putra negri
Bertingkah laku halus hai putra negri

Makna 

Makna dari lirik lagu Bangun Pemuda Pemudi berkisar pada semangat dan aspirasi bagi generasi muda Indonesia. Liriknya menggambarkan harapan yang dipegang oleh pahlawan-pahlawan kemerdekaan terhadap pemuda dan pemudi Indonesia, mengajak mereka untuk tetap gigih dalam usaha, bersemangat, kuat, dan pantang menyerah.

Dalam lirik Bangun Pemuda Pemudi, terkandung pesan kepada pemuda dan pemudi Indonesia sebagai pewaris bangsa, untuk tidak menyerah dan selalu berusaha maju. Lagu ini juga memberikan panduan agar mereka menjaga nilai-nilai budi pekerti yang baik serta berperilaku sopan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat