visitaaponce.com

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar Arab, Latin, dan Arti

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar Arab, Latin, dan Arti
Ilustrasi.(MI/Heri Susetyo.)

MANUSIA memang tak luput dari dosa, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Karenanya, kita perlu memohon ampun kepada Allah SWT. Doa sayyidul istighfar ialah salah satu doa yang diajarkan Rasulullah SAW untuk memohon ampun dari segala dosa yang telah kita lakukan.

Kita pun diperintahkan Allah untuk senantiasa memohon ampun atas segala dosa dan salah, baik disengaja maupun tidak. Maklum, Nabi Muhammad mengingatkan bahwa manusia tempat salah dan lupa serta tidak ada manusia yang suci dari kesalahan.

Baca juga: Doa-Doa Mohon Rezeki dan Kaya yang Dipanjatkan Rasulullah

Karena itu, Rasulullah mencontohkan beliau membaca istighfar sehari sampai 70-100 kalu sehari. Dengan sering membaca istighfar, para ulama menginformasikan bahwa hal tersebut dapat membuka pintu rezeki.

Bacaan sayyidul istighfar dalam bahasa Arab

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ
مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا 
أَنْتَ

Bacaan doa sayyidul istighfar dalam bahasa Latin

Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta khalaqtani wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu. A'udzu bika min syarri ma shana'tu. Abu u laka bini'matika 'alayya wa abuu u bidzanbi faghfirlii fa innahu la yaghfirudz-dzunuba illa anta.

Terjemahan doa sayyidul istighfar

Ya Allah, Engkau Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau, Engkau menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku dengan Engkau dan aku berjanji untuk melaksanakannya sebaik mungkin. Aku berlindung dengan Engkau dari kejahatan yang telah aku lakukan.

Baca juga: Doa sebelum Tidur dan setelah Bangun dalam Islam beserta Terjemah

Aku mengakui atas nikmat yang Engkau berikan kepadaku dan aku mengakui atas dosa yang telah aku perbuat. Oleh karena itu, ampunilah aku, karena sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.

Makna setiap kalimat sayyidul istighfar

1. Ya Allah, Engkau Tuhanku (Allahumma anta rabbi).

Dalam kalimat ini menunjukkan pengakuan kita terhadap keberadaan Allah SWT sebagai Tuhan yang menciptakan dan mengatur segala urusan di dunia ini.

Baca juga: Doa Awal Bulan yang Dibaca Nabi dan Sahabat

2. Tidak ada Tuhan selain Engkau (la ilaha illa anta). 

Pada kalimat berikutnya merupakan inti syahadat dan menjadi fondasi utama ajaram Islam dan hanya mengakui Allah SWT yang layak disembah.

3. Engkau menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu (khalaqtani wa ana 'abduka). 

Mengingatkan kita terhadap hubungan kepada Allah SWT dan kita menjadi hamba-Nya. Manusia diciptakan oleh Allah SWT dan berkewajiban untuk taat serta tunduk pada-Nya.

4. Aku akan setia pada perjanjianku dengan Engkau dan aku berjanji untuk melaksanakannya sebaik mungkin (wa ana 'ala aahdika wa wa'dika mastatha'tu). 

Ini menggambarkan bahwa kita harus bertekad untuk melaksanakan perintah dan menjaga perjanjian dengan Allah SWT.

5. Aku berlindung dengan Engkau dari kejahatan yang telah aku lakukan (a'udzu bika min syarri ma shana'tu).

Kita memohon perlindungan Allah SWT atas kejahatan yang diperbuat dan berharap bahwa Allah SWT senantiasa melindungi kita dari akibat buruk yang mungkin ditimbulkan oleh perbuatan tersebut. 

6. Aku mengakui atas nikmat yang Engkau berikan kepadaku (abuu u laka bini'matika 'alayya). 

Dalam kalimat ini kita selalu diajarkan untuk selalu bersyukur atas nikmat Allah SWT berikan. Dengan mengakui rasa syukur, kita semakin menyadari akan besar kebaikan Allah SWT terhadap kita.

7. Aku mengakui atas dosa yang telah aku perbuat (wa abuu u bidzanbi). 

Langkah awal sebelum mengakui segala dosa, tentu kita harus bertaubat dan mengakui diri kepada Allah SWT. Dengan mengakui segala dosa yang telah kita lakukan, diharapkan dapat memahami betapa penting memohon ampunan hanya pada-Nya.

8. Oleh karena itu, ampunilah aku, karena sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau (faghfirli fa innahu la yaghfirudz-dzunuba illa anta). 

Kita meminta ampun dari Allah SWT karena hanya Dia yang mampu menghapus segala dosa-dosa yang telah kita lakukan. Dengan memohon ampunan, kita mengharapkan rahmat dan kasih sayang Allah SWT untuk menghapuskan dosa.

Manfaat doa sayyidul istighfar

1. Rasulullah SAW bersabda bahwa doa sayyidul istighfar ialah doa terbaik untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Pada hadis riwayat Abu Daud, Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baik doa istighfar adalah doa sayyidul istighfar."

2. Doa sayyidul istighfar membantu kita untuk menyadari dan mengakui dosa-dosa yang telah kita lakukan. Dengan mengakui segala dosa atas yang diperbuat, ini dapat termotivasi untuk bertaubat dan memperbaiki diri.

3. Doa sayyidul istighfar membantu kita untuk selalu bersyukur dan mengakui nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Hal ini akan membantu kita untuk lebih menghargai berbagai nikmat yang kita terima dalam kehidupan sehari-hari.

4. Mengamalkan doa sayyidul istighfar secara rutin dapat membantu dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Kita akan semakin dekat dengan Allah SWT dan tunduk dalam menjalankan perintah-Nya.

5. Doa sayyidul istighfar juga dapat membantu kita memperoleh perlindungan dari Allah SWT. Kita juga dapat memohon perlindungan Allah SWT atas kejahatan yang telah diperbuat, sehingga diharapkan dapat terhindar dari akibat buruk yang timbul akibat perbuatan tersebut. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat