visitaaponce.com

Imunisasi Covid-19 akan Ditetapkan Menjadi Imunisasi Program

Imunisasi Covid-19 akan Ditetapkan Menjadi Imunisasi Program
Ilustrasi(AFP)

DITETAPKANNYA Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 23 Tahun 2023 tentang Pedoman Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) akan membuat imunisasi covid-19 menjadi imunisasi program yang dilaksanakan pemerintah per 1 Januari 2024.

Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes Prima Yosephine mengatakan imunisasi program terdiri dari imunisasi primer dosis lengkap dan sosis lanjutan yang tidak dipungut biaya.

"Penyelenggaranya bisa melibatkan badan hukum atau badan usaha. Imunisasi program diberikan dengan vaksin Indovac dan Inavac dan keduanya sudah memiliki izin dari badan POM sehingga terbukti keamanannya dan sudah memiliki fatwa halal dari MUI," kata Prima dalam konferensi pers secara daring, Senin (21/8).

Baca juga : Kasus Covid-19 di Indonesia Terus Menurun

Meski status pandemi sudah dicabut dan beralih pada endemi namun ketahanan pada individu melalui vaksin harus tetap dijaga mulai dari kelompok rentan hingga individu dewasa untuk melengkapi vaksinasi booster.

"Target kelompok masyarakat berisiko tinggi, lansia, dewasa muda dengan komorbid, obesitas berat, dewasa, remaja di atas 12 tahun, wanita hamil, tenaga kesehatan," ujar dia.

Selain itu, Kepala Biro Hukum Kesehatan Kementerian Kesehatan Indah Febrianti menekankan bahwa meski status pandemi sudah dicabut beralih ke masa endemi dan perlu aturan secara teknis karena di masa endemi ingin covid-19 tetap terkendali.

Baca juga : Kemenkes: Covid-19 Subvarian Pirola Belum Terdeteksi di Indonesia

"Saat ini sudah ditetapkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 23 Tahun 2023 tentang Pedoman Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) diperlukan bagaimana penanggulangan covid-19 secara menyeluruh dan berkesinambungan termasuk dukugan lintas sektor, pemerintah daerah, dan stakeholder lain guna mencegah dan menanggulangi covid-19," ungkapnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat