visitaaponce.com

Kasus Covid-19 di Indonesia Terus Menurun

Kasus Covid-19 di Indonesia Terus Menurun
Virus korona penyebab covid-19(CDC)

DIREKTUR Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan Kementerian Kesehatan (SKK Kemenkes), Achmad Farchanny Tri Adryanto menyampaikan kasus covid-19 di Indonesia terus mengalami penurunan.

"Berdasarkan temuan kita dari Whole Genome Sequence (WGS) bahwa proporsi subvarian EG.2 sebanyak 20% dan subvarian EG.5 20%yang dilihat dari bulan Agustus ini. Kemudian dari tren hospitalisasi dan kematian nasional juga menunjukkan kecenderungan penurunan," kata Farchanny dalam konferensi pers secara daring, Senin (21/8).

Sementara pada kondisi global secara umum semua negara melaporkan penurunan kasus.

Baca juga : Imunisasi Covid-19 akan Ditetapkan Menjadi Imunisasi Program

Kasus tertinggi saat ini ada di Eropa, Kawasan Pasifik, dan Kawasan Amerika. Sementara kasus kematian paling banyak terjadi di Kawasan Amerika sekitar 2,9 juta kasus diikuti Eropa sekitar 2,2 juta kasus. Namun secara umum penambahan kasus dan kasus perawatan menurun.

Kemudian dari vaksinasi hingga kini sudah ada 453 juta dosis yang telah disuntikkan dan lebih dari 64% dari total populasi Indonesia telah menerima vaksinasi lengkap.

Baca juga : Pemerintah Harus Terus Jamin Vaksin Covid-19 bagi Kelompok Berisiko Tinggi

Kepala Biro Hukum Kesehatan Kementerian Kesehatan Indah Febrianti menegaskan bahwa vaksinasi covid-19 tetap dilanjutkan hingga 31 Desember 2023 hal itu juga untuk menindaklanjuti dari Presiden RI Joko Widodo.

"Setelah masuk 1 Januari 2024 maka sudah berlaku imunisasi program yang mengikuti peraturan Kementerian Kesehatan. Tetapi sampai Desember 2023 mengikuti regulasi vaksinasi covid-19 yang sudah ditetapkan. Pemerintah dalam menerapkan kebijakan imunisasi covid-19 berpegangan pada regulasi terkait," ungkap dia. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat