visitaaponce.com

Makna Salawat Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad Keutamaan, dan Tulisan yang Benar

Makna Salawat Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad Keutamaan, dan Tulisan yang Benar
Salawat nabi Muhammad SAW(Freepik)

Kalimat Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad adalah doa atau pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai seorang Muslim, disarankan untuk secara rutin mengucapkan salawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Salawat merupakan wujud penghormatan, kasih sayang, dan cinta umat Islam terhadap Nabi Muhammad SAW. Meskipun kata-katanya singkat, tetapi maknanya sangat mendalam.

Manfaat dan Keutamaan Salawat

Membaca salawat bisa menjadi bagian dari ibadah harian. Dengan mengucapkan salawat secara rutin, seseorang akan meraih berbagai manfaat dan keutamaan. Berikut beberapa keutamaan membaca salawat Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad berdasarkan hadis.

1. Mendapatkan Keberkahan Sepuluh Kali Lipat

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Ashim dari Al-Barra bin Azib r.a., dijelaskan bahwa membaca shalawat akan membawa sepuluh kebaikan. "Barang siapa yang dengan tulus membaca shalawat kepadaku dari umatku, Allah akan membaca shalawat untuknya sepuluh kali, meningkatkan derajatnya sepuluh tingkatan, mencatat sepuluh kebaikan baginya, dan menghapus sepuluh keburukan. Tindakan ini setara dengan membebaskan sepuluh budak tulus karena Allah Swt."

2. Shalawat Sebagai Awalan Doa

Disarankan untuk memulai doa dengan membaca shalawat, seperti yang dijelaskan dalam hadis berikut: "Apabila salah seorang dari kalian membaca shalawat, hendaklah ia memulai dengan memuliakan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Kemudian, bacakanlah shalawat kepada Nabi. Setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang diinginkan." Dengan demikian, membaca shalawat bisa menjadi langkah awal yang baik sebelum berdoa.

3. Kumpul di Surga Bersama Nabi Muhammad SAW

Jika seseorang ingin berkumpul di surga bersama Nabi Muhammad SAW., ia dapat mengamalkan membaca shalawat secara rutin. Hal ini sesuai dengan hadis: "Orang yang paling berhak bersama aku di hari kiamat adalah yang paling banyak membaca salawat kepadaku." Dengan membaca salawat, seseorang berpotensi untuk mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah dan Rasul-Nya di surga.

Dalam keseluruhan tulisan, tujuan dan manfaat membaca shalawat kepada Nabi Muhammad saw. dijelaskan. Shalawat bukan hanya ungkapan rasa cinta dan penghormatan, tetapi juga mengandung keutamaan spiritual yang luar biasa.

Tulisan Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad

اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ

Bacaan latin: Allahumma sholli alaa sayyidinaa muhammad

Artinya "Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada nabi kita Muhammad."

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat