visitaaponce.com

Senawangi Ingin Rangkul Generasi Muda untuk Lestarikan Wayang

Senawangi Ingin Rangkul Generasi Muda untuk Lestarikan Wayang
Pertunjukan wayang dalam perayaan ulang tahun ke-48 Senawangi di Jakarta, Minggu (20/8).(DOK IST)

SEKRETARIAT Nasional Pewayangan Indonesia (Senawangi) merayakan ulang tahunnya yang ke-48 pada Minggu (20/8) di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ).

Pemotongan tumpeng hari ulang tahun dilakukan oleh Direktur Industri Kreatif, Musik, Film dan Animasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mohamad Amin Abdulah. Dia mewakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan menyerahkan tumpeng kepada Ketua Umum Senawangi Bambang Soelistyo.

Selain dihadiri oleh jajaran pengurus Senawangi, hadir pula pihak-pihak yang peduli pelestarian, pengembangan. dan pemanfaatan kebudayaan negeri, khususnya wayang, dari komunitas, kementerian terkait, perusahaan swasta, dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

Bambang dalam sambutannya menyampaikan kesan positif atas capaian perjuangan para senior pendahulu, hingga Senawangi menjadi satu satunya NGO terakreditasi UNESCO dari Lembaga Pewayangan di Indonesia.

Baca juga: Dalang Cilik Yusuf Wikrama Tungga asal Semarang Ingin Lestarikan Seni Wayang

"Dan pemerintah pada 2018 menerbitkan Kepres Hari Wayang Nasional jatuh pada 7 November. Kini Senawangi adalah mitra strategis pemerintah dalam upaya pelestarian, pengembangan dan
pemanfaatan seni budaya Indonesia khususnya wayang," jelas Bambang dalam keterangannya, Selasa (22/8).

Bambang juga menyampaikan bahwa Senawangi akan mengadakan lomba karya ilmiah untuk mendapatkan konsep pergelaran yang bisa menyesuaikan tantangan zaman dengan perkembangan global saat ini. 

Baca juga: Festival Wayang Dunia 2023 Dibuka di Taman Kota Denpasar

Pada 2024 akan dibuat karya pergelaran yang sesuai dan dapat diterima generasi muda saat ini tanpa meninggalkan nilai adiluhung wayang itu sendiri.

Sementara Abdulah menyampaikan bahwa Senawangi harus maju dan berkembang dan masuk dalam industri kreatif yang konsisten berinovasi. Selain itu juga perlu dilakukan pendekatan kepada penonton yang
tidak paham bahasa wayang.

Adapun dalam perayaan hari ulang tahun Senawangi, ditampilkan Drayang Musikal Asmaradana yang diselenggarakan berkat bekerja sama dengan Swargaloka. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat