visitaaponce.com

Inilah Minuman untuk Turunkan Berat Badan Secara Alami

Inilah Minuman untuk Turunkan Berat Badan Secara Alami
Berikut daftar minuman yang dinilai mampu membantu anda menurunkan berat badan secara alami.(Freepik)

BANYAK orang rela melakukan banyak cara agar bisa memiliki berat badan ideal. Ada yang berusaha mengurangi porsi makan, mengikuti pola diet tertentu, hingga rajin olahraga setiap hari. 

Jika Anda ingin sukses diet tanpa tersiksa, Anda bisa mencoba konsumsi minuman penurun berat badan yang resepnya sangat mudah dibuat di rumah. Yuk, intip daftar minuman berikut ini. 

1. Air Putih

Baca juga: Ini Tips Diet Bagi Pasien Hipertensi

Salah satu cara sederhana dan paling mudah untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan adalah dengan memperbanyak asupan air. Selain itu, air putih juga sangat baik untuk menghidrasi tubuh.

Pasalnya, air dapat membantu proses penyerapan dan transportasi nutrisi sehingga sistem pencernaan dan proses metabolisme dapat bekerja dengan baik. Air juga dapat mengurangi risiko sembelit sehingga dapat menjaga berat badan tubuh tetap ideal. 

Baca juga: Manfaat Teh Bawang Putih

2. Teh Hijau

Minuman diet alami ini mengandung antioksidan katekin yang berguna untuk meningkatkan metabolisme serta kemampuan tubuh dalam membakar lemak. Selain itu, teh hijau juga mengandung polifenol yang bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus dan memecah lemak.

 

Meskipun bermanfaat untuk diet, sebagian orang kurang menyukai rasanya karena pahit. Untuk mengatasinya, tambahkanlah madu alami agar rasa teh hijau sedikit lebih manis dan baik untuk kesehatan.

3. Kombucha

Ini adalah minuman fermentasi yang dibuat  ke dalam campuran teh hitam dengan menambahkan bakteri baik dan ragi. Meskipun terdengar asing, kombucha sedang populer dikonsumsi karena dapat dijadikan sumber probiotik alami yang dapat menyeimbangkan bakteri baik dalam usus.

Kandungan epigallocatechin-3-gallate pada kombucha dapat membuat proses metabolisme sedikit lebih cepat sehingga efektif untuk menurunkan berat badan. Kemudian, kombucha secara alami bebas gula dan rendah kafein sehingga dapat menjadi salah satu alternatif minuman yang dapat mengurangi asupan gula, kalori, dan kafein.

4. Infused Water

Minuman diet alami yang mudah dibuat selanjutnya adalah infused water. Kalian dapat membuat infused water dengan memasukkan potongan-potongan buah dan sayuran, seperti lemon, apel, jeruk, mentimun, dan lainnya ke dalam air putih. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 3 hingga 4 jam di dalam kulkas. 

Menurut studi, meminum infused water dapat menurunkan berat badan hingga 40% lebih banyak daripada tidak meminumnya. Hal ini dapat terjadi karena adanya peningkatan metabolisme di dalam tubuh dan memberikan efek menekan nafsu makan jika meminum infused water.

5. Jus Sayuran

Salah satu alternatif minuman yang ampuh untuk menurunkan berat badan secara alami adalah jus sayuran. Hal ini didukung dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di BioMed Central Nutrition Journal. Penelitian ini dilakukan terhadap tiga kelompok selama 12 minggu dan hasilnya kelompok yang mengkonsumsi jus adalah yang paling banyak mengalami penurunan berat badan. Beberapa jenis sayuran yang dapat diolah menjadi jus untuk menurunkan berat badan adalah seledri, bayam, mentimun, brokoli, dan bit. 

6. Air Kelapa

Minuman diet alami yang rendah kalori dan karbohidrat yang mudah ditemukan adalah air kelapa. Pasalnya, air kelapa mengandung banyak mineral dan vitamin, seperti vitamin C serta mangan. Selain itu, air kelapa juga kaya akan elektrolit yang dapat membuat tubuh tetap terhidrasi dan merasa segar.

Adanya kandungan kalium pada air kelapa dapat menghilangkan natrium berlebih sehingga dapat membantu mengurangi berat air dalam tubuh serta mendukung penurunan berat badan. Namun, pastikan kalian tidak minum air kelapa dengan gula tambahan, ya!

7. Minuman Protein Tinggi

Kalian dapat minum minuman protein tinggi untuk mengekang rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang. Salah satu minuman protein tinggi yang alami dan praktis adalah Realfood Sporte. Ada dua varian dari Realfood Sporte, yaitu Realpro dan Realmeals.

Bagi kalian yang getol berolahraga, sangat cocok untuk mengkonsumsi Realpro sebagai protein boost karena mengandung 25 gram protein yang dapat membantu meningkatkan massa otot. Selain tinggi protein, Realpro juga hadir dalam nutrisi yang lengkap, vitamin, mineral, dan asam amino esensial yang mampu memenuhi asupan nutrisi dan protein harian.

Sementara itu, bagi kalian yang tengah menjalani diet sehat, cobalah untuk mengkonsumsi Realmeals. Ini adalah minuman supplement whey tinggi protein dan pengganti makanan bergizi seimbang dengan nutrisi lengkap serta tinggi serat pangan sehingga kalian dapat kenyang lebih lama.

8. Susu tanpa lemak

Susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik bagi tubuh. Berbagai studi menunjukkan minum susu tanpa lemak bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat, karena:

Kalsium menahan kalsitriol, hormon yang membuat gemuk. Tidak adanya kalsitriol menyebabkan tubuh membakar lemak lebih cepat.
Kalsium juga menekan nafsu makan sehingga berat badan tidak gampang naik.

9. Kopi

Kandungan kafein dalam kopi ternyata tidak hanya bisa bikin kita melek, tapi juga mampu menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, kafein juga menjadikan tubuh lebih berenergi saat berolahraga. Meski demikian, bukan berarti Anda boleh minum kopi banyak-banyak. Ada baiknya kopi diminum 1-2 cangkir saja setiap hari. 

Itu dia rekomendasi minuman diet alami yang dapat membantu penurunan berat badan.  (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat