visitaaponce.com

Kelompok KKN 179 UNS Wujudkan Potensi Wisata Desa Tegalmulyo melalui Inovasi Community Based Tourism

Kelompok KKN 179 UNS Wujudkan Potensi Wisata Desa Tegalmulyo melalui Inovasi Community Based Tourism
Tim KKN 179 UNS ditempatkan di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.(Dok Tim KKN UNS)

PROGRAM Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret (UNS) telah melaksanakan program KKN di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah melalui Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) 179. 

“Anggota kelompok yang ada di tim ini berjumlah 9 orang,” ujar ketua Tim KKN 179 UNS Arron Farrel Gabriel Benadeta. 

Kegiatan ini berlangsung selama bulan Juli hingga Agustus 2023 dengan tujuan utama mengoptimalkan potensi wisata di Desa Tegalmulyo melalui konsep Community Based Tourism (CBT). CBT sendiri dapat diartikan sebagai suatu pendekatan dalam industri pariwisata dimana masyarakat setempat memiliki peran yang signifikan dalam pengembangan, pelaksanaan, dan manajemen aktivitas pariwisata di daerah mereka. 

Baca juga: Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait Tutup Usia

Desa Tegalmulyo, yang terletak di kaki Gunung Merapi, memiliki potensi wisata yang luar biasa. Salah satu daya tarik utama di desa ini adalah adanya dua dukuh, yaitu Girpasang dan Ngringin yang dipisahkan oleh ngarai hijau yang menakjubkan dengan pemandangan menyejukkan. 

Kedua dukuh ini dihubungkan  oleh Jembatan Girpasang yang menjadi sarana penghubung vital bagi warga dua dukuh ini. Selain menjadi penghubung antara kedua dukuh, jembatan tersebut juga berfungsi sebagai salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Desa Tegalmulyo. 

Selain menawarkan pemandangan ngarai yang terdapat di bawah jembatan penghubung tersebut, desa ini juga menawarkan berbagai kafe dan warung makan yang berada di sekitar lokasi jembatan guna meningkatkan pengalaman para wisatawan dalam menikmati panorama alam disana. 

Selain Jembatan Girpasang, desa ini juga memiliki dukuh Sapuangin yang juga memiliki keunikannya sendiri untuk dieksplorasi. Terdapat posko pendakian Gunung Merapi dan objek wisata kopi yang otentik, serta opsi eksplorasi gua Dowo dan gua Jepang bagi para penyuka petualangan. 

Di samping mengandalkan lokasi-lokasi wisata alamnya yang sangat indah, Desa Tegalmulyo juga masih mempertahankan budaya khasnya seperti tarian tradisional Jathilan, dan makanan khas daerah tersebut seperti ayam ingkung, nasi jagung, kopi Sapuangin, dan jahe gepuk Mbah Padmo guna menarik perhatian para wisatawan.

Dalam kaitannya dengan pelaksanaan program kerja tim KKN 179 UNS, mereka berkomitmen untuk mengoptimalkan potensi wisata di Desa Tegalmulyo melalui konsep Community Based Tourism. Melalui kerja sama yang erat dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan perangkat desa setempat, mereka ingin mempromosikan potensi wisata desa agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. 

Program kerja yang telah dilaksanakan oleh Tim KKN 179 UNS melibatkan berbagai inisiatif yang berfokus pada pengembangan dan promosi wisata. Hal ini termasuk pembuatan infografis di masing-masing tempat wisata dan peta wisata Desa Tegalmulyo, sosialisasi upaya digitalisasi marketing dan ekspansi pasar untuk meningkatkan paparan objek wisata Dukuh Girpasang, penguatan kelembagaan Pokdarwis Desa Tegalmulyo, peningkatan kualitas sarana dan prasarana objek wisata Girpasang, serta pengembangan potensi ekonomi Desa Wisata Tegalmulyo.

Pada implementasinya, program KKN ini berjalan dengan lancar dan mendapat dukungan penuh dari Pokdarwis, perangkat desa, serta seluruh masyarakat Desa Tegalmulyo. Tim KKN 179 UNS juga turut serta dalam kegiatan sosial lain di luar program kerja utama seperti "Resik Jumat", posyandu serta mempromosikan budaya Jathilan sebagai bentuk dari integrasi mereka dalam kehidupan masyarakat setempat. 

Diharapkan dengan semua program kerja yang telah dilaksanakan oleh Tim KKN 179 UNS ini akan memberikan manfaat yang positif bagi perkembangan industri pariwisata maupun bagi warga Desa Tegalmulyo secara keseluruhan. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat