visitaaponce.com

Raih Dana 2 Miliar dari Kemendikbud Ristek, Prodi Manajemen UMN Mulai Proyek Wirausaha Merdeka WMK

Raih Dana 2 Miliar dari Kemendikbud Ristek, Prodi Manajemen UMN Mulai Proyek Wirausaha Merdeka (WMK)
Peresmian Program WMK UMN bersama Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora dan Rektor Universitas Multimedia Nusantara(Dok.UMN)

TIM Program Studi (Prodi) Manajemen Universitas Multimedia Nusantara (UMN) berhasil meraih dana hibah sebesar 2 Miliar Rupiah untuk pelaksanaan program Wirausaha Merdeka (WMK) Kemendikbud Ristek. Pada Jumat, 1 September 2023 secara resmi dimulainya Program UMN ini mengenai “Penciptaan Digitalisasi Inovasi Kewirausahaan melalui Action Based Entrepreneurial Education Approach untuk Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan” yang dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda & Olahraga.

Wirausaha Merdeka (WMK) adalah bagian dari program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia (Kemendikbud Ristek) yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausahawan, melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. 

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda & Olahraga (Kemenpora) Asrorun Ni’am selaku dalam sambutannya menekankan, Kewirausahaan ini adalah pintu pertama yang paling strategis dalam mengakselerasi kemandirian kita sebagai bangsa. 

Baca juga: Permendikbud 53/2023 Dikhawatirkan Jadi Ladang Cuan Bagi Kampus Nakal

“Melalui proyek WMK ini dapat mengakselerasi tumbuhnya kewirausahaan menuju 100 tahun Indonesia Maju di tahun 2024 yang ditopang oleh jumlah wirausaha yang rasionya mencukupi prasyarat menuju Indonesia Maju yaitu minimum 4% yang saat ini menyentuh 3,44%” ujar Asrorun. 

Rektor Universitas Multimedia Nusantara Ninok Leksono dalam sambutannya berpendapat bahwa, UMKM adalah wirausaha yang dapat menjadi pilar utama perekonomian negara, tetapi usaha kecil seringkali masih konvensional. 

Baca juga: Komisi X DPR: Penghapusan Wajib Skripsi Jadi Langkah Maju Hadapi Modernisasi

“UMN lewat SkyStar Ventures diberi ilmu dan teknik pengembangan usaha, terutama karena UMN adalah perguruan tinggi berbasis ICT akan menekankan bagaimana ICT bisa memperindah desain, memperlancar produksi, dan mempercepat delivery dari tiap usaha yang dilakukan” ucap Ninok.

Pengalaman program WMK di UMN bersama SkyStar Ventures ini bisa dibawa pulang ke universitas para peserta dari berbagai daerah di Indonesia sebagai bentuk sumbangan bagi kebhinekaan Indonesia, mewarnai tiap pergaulan dan menjadi pewarna dalam tiap kolaborasi usaha yang dilakukan. 

Dalam prosesnya, terdapat lima kategori ketentuan jenis bisnis mahasiswa dan bidang UMKM yang akan dijelajahi oleh peserta, yaitu makanan dan minuman, fesyen, industri kreatif (agensi, fotografi), produk kriya (sepatu rajut, aksesoris, dll), teknologi dan digital (e-commerce, website, application, dan artificial intelligence).

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dalam program WMK jilid kedua tahun 2023 untuk pertama kalinya berhasil menjadi Perguruan Tinggi Pelaksana WMK dari total 34 Perguruan Tinggi yang terpilih. Ketua Pelaksana Program WMK 2023 UMN, Dr. Hendy Tannady mewakili panitia berharap agar tahun depan UMN dapat dipercaya lagi sebagai perguruan tinggi pelaksana MBKM WMK mewakili LLDIKTI wilayah 3.

“Pelaksanaan WMK UMN 2023 ini terdiri atas 3 fase, yaitu pre-immersion, immersion dan post-immersion. Pada tahap pre-immersion peserta akan belajar hybrid di UMN, immersion peserta akan belajar menjalankan bisnis di UKM, dan pada tahap post-immersion: peserta bekerja dalam tim menyelesaikan report dan prototype,” ujar Hendy. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat