visitaaponce.com

Total Ada 200 Lebih Dokter yang Diadukan Masyarkat Selama 3 Tahun

Total Ada 200 Lebih Dokter yang Diadukan Masyarkat Selama 3 Tahun
Dokter memeriksa kesehatan pasien bergejala Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)(Antara)

KONSIL Kedokteran Indonesia (KKI) dalam waktu 3 tahun telah menyelesaikan 200 pengaduan dokter dan dokter gigi yang diadukan oleh masyarakat.

"Selama kurun waktu 3 tahun sejak 2020 sampai Juli 2023 sudah diselesaikan putusan disiplin dokter dan dokter gigi sebanyak 200 pengaduan," kata Ketua KKI dr Pattiselanno Roberth Johan dalam Rakornas Konsil Kedokteran Indonesia 2023 secara daring, Jumat (8/9).

KKI memiliki lembaga otonom yaitu Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran (MKDK) yang mempunyai tugas menerima pengaduan memeriksa dan memutuskan kasus pelanggaran disiplin dokter dan dokter gigi yang diadukan oleh masyarakat.

Baca juga : Menjamurnya Fakultas Kedokteran Baru Harus Dibarengi dengan Kualitas

Selanjutnya agar dokter dan dokter gigi terhindar dari sanksi disiplin profesi. KKI mempunyai tugas melakukan pembinaan dan pengawasan praktik kedokteran secara terpadu dan kolaborasi.

Baca juga : Para Dokter Menolak UU Kesehatan, Ini Alasannya Menurut Ketua Umum PB IDI

"Selain itu kerja sama dengan pemangku kepentingan baik di pusat maupun di daerah sesuai dan tugas fungsi masing-masing menyesuaikan dengan amanat Undang-Undang 17 tahun 2023 tentang Kesehatan," ujar dia.

Sampai dengan Agustus 2023 dokter dan dokter spesialis yang terregistrasi di KKI sejumlah 185.517 orang dan dokter gigi dan dokter gigi spesialis sejumlah 51.970 orang. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat